Peneliti Temukan Mekanisme Untuk Kekang Sel Kanker

Fadhli Fadhli - Kamis, 27 Agustus 2015
Peneliti Temukan Mekanisme Untuk Kekang Sel Kanker
Sel Kanker. (Foto: Wellcome Collection)

MerahPutih Sains - Tim peneliti dari Mayo Clinic percaya bahwa mereka telah menemukan mekanisme yang dapat mengekang pertumbuhan sel kanker dengan melatih kembali sel-sel mati yang tersesat dan mengembalikan fungsinya seperti semula.

Selain tingkat pertumbuhannya yang abnormal, sel kanker tak jauh berbeda dari jaringan sehat yang normal. Itu sebabnya radiasi dan kemoterapi pengobatan tidak dapat secara efektif mengatasi sel tumor.

Ketika sel-sel sudah tua dan mempersiapkan diri untuk mati, mereka seharusnya berhenti membelah. Proses ini dikendalikan oleh "prosesor biologis" disebut microRNAs yang memberi cukup makanan ke sel dengan protein PLEKHA7 untuk menghambat pembelahan.

Dalam kasus kanker, microRNAs tidak memberikan cukup protein sehingga sel-sel mulai membelah di luar kendali dan menjadi tumor. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan baru-baru ini dalam jurnal Nature Cell Biology, tim Mayo Clinic menemukan bahwa dengan menyuntikkan microRNA langsung ke tumor, tingkat PLEKHA7 kembali normal dan sel-sel kanker berhenti bereproduksi.

"Ini adalah temuan yang tak terduga," ucap Chris Bakal, spesialis di Institut Penelitian Kanker London, mengatakan kepada The Telegraph. "Sel-sel normal bersentuhan satu sama lain dan membentuk persimpangan, kemudian mereka menutup proliferasi. Jika ada cara untuk mengubah (proses) itu kembali, itu akan menjadi cara untuk menghentikan tumor dari tumbuh," tambahnya.

Metode ini sudah terbukti sangat efektif terhadap beberapa bentuk, terutama kanker agresif, setidaknya di tes awal laboratorium. Namun, para peneliti tidak percaya ini akan menjadi langsung menjadi cara ampuh untuk menyembuhkan kanker.

"Studi ini penting untuk memecahkan misteri biologis lama, tapi kita tidak selalu dari diri kita sendiri," ucap Henry Scowcroft, manajer senior ilmu informasi Cancer Research UK, mengatakan kepada The Telegraph.

 

Baca juga:

Robot Curiosity Ternyata Suka Selfie

Astronot Jepang Terpesona dengan Indonesia dari Luar Angkasa

Planet Ceres Berikan Misteri Baru

Universitas London Mampu Buat Penis Buatan

Ilmuwan Kembangkan Formulasi untuk Beberapa Strain Flu

#Penyakit Kanker
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan