Mengenal Artis Hedy Lamarr Sang Penemu Teknologi Nirkabel

Eddy FloEddy Flo - Senin, 09 November 2015
Mengenal Artis Hedy Lamarr Sang Penemu Teknologi Nirkabel
Hedy Lamarr, aktris dan ahli matematika berdarah Austria-Amerika dikenang Google Doodle hari ini Senin (9/11) (Foto: www.hedylamarr.org)

MerahPutih Berita Tekno - Siapakah Hedy Lamar yang ulang tahunnya diperingati Google Doodle hari ini, Senin, (9/11)? Apa saja jasanya bagi dunia khususnya teknologi? Berikut ulasan merahputih.com yang dirangkum dari pelbagai sumber.

Hedwing Eva Maria Kiesler dikenal dengan sebutan Hady Lamarr (9 November 1914), matematikan sekaligus Bintang Hollywood asal Vienna Austria-Amerika penemu "Teknologi Komunikasi Spread-sprectum" yaitu dasar dari semua teknologi nirkabel yang berkembang sekarang ini termasuk Wifi.

Di usianya yang masih muda, Lamar berhasil menjadi bintang Hollywood terkenal dengan kontrak besar karena kecantikan dan kebolehan actingnya. Namun pada usia 19 tahunnya, Lamarr memilih meninggalkan karir keartisannya dan kemudian menikah dengan Friedrich Mandl yaitu orang terkaya ketiga di Australia saat itu.

Kerap diajak sang suami menghadiri pertemuan bisnis dengan para ilmuwan dan profesional yang berkecimpung di dunia teknologi militer, menjadikan Lamarr mulai kenal dan mulai tertarik dengan bidang teknologi. Bakat Lamarr kian berkembang, kebolehannya di bidang sains semakin besar hingga membesarkan namanya sampai saat ini.

Berdua dengan Komposer Avant Garde, mereka merealisasikan ide cerdas Lamar "loncatan frequensi". Ide tersebut muncul saat Lamarr memperhatikan masalah pertahanan, menyusul tragedi tenggelamnya kapal penuh pengungsi yang disebapkan oleh kapal selam U-boat milik Jerman pada tahun 1940.

Gagasan tersebut berupa cara melindungi komunikasi nirkabel dengan cara menciptakan variasi frequensi dimana sinyal radio ditransmisikan. sehingga, saat saluran beralih tidak akan diterka oleh musuh, dan musuh juga tidak akan mengetahui cara memblokir frequensi.

Tanpa sepengetahuan publik, Lamar dan Avant daftarkan temuan mereka untuk dipatenkan dengan nama "Secret Communication System" atau "sistem komunikasi rahasia" pada 10 Juni 1941. Namun, Paten dikabulkan oleh pemerintah Amerika Serikat para 11 Agustus 1942.

Karier keartisan Lamarr kian dilupakan, tapi kontribusi Lamar terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi justru yang paling diingat dan tetap membesarkan nama Hady Lamarr si artis cantik dan matimatikawan hingga sekarang.

Temuan Lamarr bersama teman komposernya Avant, menjadi dasar temuan telepon genggam, pager, wifi yang saat ini ada dimana-mana dan banyak lagi perangkat spread-spectrum lainnya.(sry)

Baca Juga:

  1. Google Doodle Peringati Hedy Lamarr
  2. Xperia Z5 Premium Mulai Menggeliati Pasar Asia
  3. Unboxing Xperia Z5 Premium
  4. Apple akan Luncurkan iPhone Mini?
  5. AMD Bohong Soal Jumlah Core pada Prosesornya
#Google Doodle #WiFi #Hedy Lamarr
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan