Kirab Kesenian Daerah Ramaikan Parade Bhineka Tunggal Ika Massa dari berbagai organisasi dan daerah ikut dalam Parade Bhineka Tunggal Ika di ruas Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jakarta, Sabtu (19/11). (Foto: MerahPutih/Dery Ridwansah)

MerahPutih Budaya - Pagelaran kesenian dan kebudayaan daerah turut meramaikan Parade Bhineka Tunggal Ika di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/11).

Parade yang dihadiri ribuan orang ini terlihat kompak dengan pakaian bernuansa merah putih.

Gelaran yang dimaksudkan untuk mengampanyekan pesan damai tersebut dimeriahkan berbagai kesenian dan kebudayaan daerah nusantara. Terlihat, pawai diramaikan dengan atraksi kesenian reog, ondel-ondel hingga barongsai.

Tak ketinggalan, peserta juga menampilkan berbagai ciri khas pakaian daerah saat berpawai.

Perlu diketahui, Parade Bhineka Tunggal Ika adalah parade yang diprakarsai oleh sejumlah tokoh nasional dan tokoh agama.

Parade ini digelar sebagai bentuk respek terhadap menipisnya nilai-nilai toleransi dan kedamaian yang belakangan ini muncul.

"Diharapkan dengan adanya parade ini masyarakat akan lebih mengetahui dan menyadari keberagaman bangsa Indonesia yang mesti dijaga dan dirawat, demi kedamaian dan keutuhan NKRI," terang Panitia Penyelenggara Nia Sjarifudin. (Fdi)

BACA JUGA:

  1. TMP Gelar Kirab Budaya di Bogor
  2. Pusaka yang Dikirab Pura Mangkunegaran Saat Malam 1 Suro
  3. Sejumlah Tokoh Penting Hadiri Kirab Malam 1 Suro di Pura Mangkunegaran
  4. Keraton Solo Pastikan Kirab 9 Pusaka dan 7 Kerbau Kyai Slamet
  5. Sebelum Dikirab, Kerbau Kyai Slamet Dilatih Dahulu


Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE