Kasultanan Ngayogyakarta Sampaikan Dhawuh Raja

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 31 Desember 2015
Kasultanan Ngayogyakarta Sampaikan Dhawuh Raja
Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat keluar dari Siti Hinggil Keraton Ngayogyakarta seusai mengeluarkan sabda raja, Yogyakarta, Senin (5/5). (Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

MerahPutih Peristiwa - Raja Kasultanan Ngayogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan Dhawuh Raja di Bangsal Mangunturtangkil, Keraton, Kamis (31/12) pagi. Untuk memperlancar prosesi penyampaian Dhawuh, keraton ditutup bagi wisatawan sejak pagi hingga pukul 12 siang.

Berdasatkan pantauan merahputih.com, belum diketahui pasti apa isi Dhawuh Raja. Bahkan, beberapa wartawan, baik media lokal maupun nasional, telah menanti di kawasan keraton guna mengomfirmasi isi Dhawuh tersebut.

Anggota Penghageng Tepas Keraton KRT Jatiningrat, atau kerap dipanggil Rama Tirun, mengungkapkan, Dhawuh Raja adalah hal yang biasa disampaikan raja kepada abdinya.

"Ya kegiatan biasa Mas. Untuk isinya saya tidak terlalu mendengar. Tapi intinya semua ditujukan untuk abdi dalem keraton," papar Romo Tirun kepada wartawan, di Bangsal Mangunturtangkil, DI Yogyakarta, Kamis (31/12).

Sementara itu, kerabat Sultan KRT Hastananingrat menjelaskan, tidak ada keterkaitan antara Dhawuh Raja dengan konflik di dalam keraton.

"Enggak ada soal itu. Sultan menyampaikan agar semua abdi dalem tetap loyal," jelasnya. (fre)


BACA JUGA:

  1. Ini Lokasi Utama Perayaan Malam Tahun Baru di Yogyakarta
  2. Seribu Terompet Warnai Malam Tahun Baru di Jogja City Mall
  3. Wisata Air di Yogyakarta Kebanjiran Pengunjung di Akhir Tahun
  4. Catatan Akhir Tahun Polda Yogyakarta: Korban Lalu Lintas 352 Jiwa
  5. Polda DI Yogyakarta: Tahun 2015, Pelanggaran Lalu Lintas 88.023 Kasus
#Keraton Yogyakarta #Sri Sultan HB X
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan