Ini Rute Kereta Jabodetabek Tahap I yang Diresmikan Presiden Jokowi

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 09 September 2015
Ini Rute Kereta Jabodetabek Tahap I yang Diresmikan Presiden Jokowi
Foto: Metro Transit

MerahPutih Megapolitan – Masyarakat Ibu Kota dan kota-kota penyangga mendapat kabar baik soal transportasi masal. Pembangunan Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) menjadi salah satu harapan baru mengatasi kemacetan Ibu Kota dan kota sekitarnya yang semakin bertambah.

Dengan total biaya investasi sebesar 23,817 triliun rupiah LRT tahap I akan memiliki dua rute yaitu Cibubur–Cawang–Dukuh Atas sepanjang 24,2 kilometer yang dibangun pada tahap IA, dan rute Bekasi Timur–Cawang–Dukuh Atas sepanjang 17,9 kilometer yang dibangun pada tahap IB.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hermanto Dwiatmoko mengatakan, untuk percepatan pembangunan LRT, Ditjen Perkeretaapian telah mengeluarkan izin trase baik dari arah Bogor, Depok, Cibubur, Jakarta, maupun dari arah Bekasi.

Hermanto melanjutkan, harga tiket diperkirakan sekitar Rp10 sampai Rp15 ribu. LRT akan memiliki kecepatan maksimum 80 km/jam dan frekuensi ketersediaan kereta sekitar dua sampai tiga menit sekali, sehingga diharapkan LRT dapat menjadi solusi moda transportasi pilihan masyarakat di kota besar seperti Jakarta dan kota lain sekitar Jakarta.

“Prinsip pembangunan LRT ke depan adalah terintegrasi dengan moda transportasi lain,” kata Hermanto.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan awal pembangunan LRT dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama untuk pembangunan tahap I proyek LRT di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek), di depan kantor Jasa Marga, tol KM 5.400, berseberangan dengan Taman Angrek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (9/9).

 

Baca Juga:

Proyek LRT Nasional, DKI Jakarta Dapat 7 Koridor

Tarif yang akan Diterapkan untuk LRT

Presiden Berharap LRT Lalui Seluruh Jabodetabek

#Transportasi Massal #Light Rail Transit #LRT
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan