Tarif yang akan Diterapkan untuk LRT

Fadhli Fadhli - Kamis, 21 Mei 2015
Tarif yang akan Diterapkan untuk LRT
Foto: Metro Transit

MerahPutih Megapolitan - Light Rail Transit (LRT) akan dibangun bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI). Dirut PT Adhi Karya, Kiswodarmawan seperti dikutip dari Setkab, mengungkapkan alternatif tariff yang akan diterapkan untuk LRT

Menurut Kiswodarmawan, saat ditanya kemungkinan soal tarif LRT kelak, dirinya memperkirakan per kilometer kurang lebih Rp1.000. “Berarti kalau dari Cibubur – Cawang – Dukuh Atas kurang lebih 30km ya Rp30.000,” ujarnya.

Soal apakah harga tersebut sudah ekonomis, Dirut PT Adhi Karya itu mengemukakan, bahwa pembangunan LRT ini adalah investasi biasa, jadi harus masuk dalam bankable. Pendanaan LRT akan berasal dari korporasi dan sebagian berasal dari Penyertaan Modal Negara (PMN).  Pendanaan Adhi Karya sendiri 30 persen berasal dari dana internal perusahaan, sedang 70 persen sisanya merupakan pinjaman.

Menurut Kiswo, PT Adhi Karya sampai sejauh ini belum membentuk konsorsium untuk pembangunan LRT itu. Kiswo berharap segera terbit paying hukum dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) untuk mulai pembangunan LRT itu. Diharapkan Mei ini, Perpres tersebut sudah terbit.

“Kita berharap ada Perpres penugasan setelah itu baru kita masuk technical aspect sama financial aspect,” pungkas Kiswodarmawan.

 

Baca juga:

DPR Tekan Pemerintah Terkait Penelantaran Anak

Bikin Gaduh, APKLI Bakal Jahit Mulut Ahok Pakai Benang Goni

Presiden Jokowi Pimpin Rapat Terbatas LRT

LRT akan Dibangun Tahun Ini

LRT Dibangun Bertepatan dengan HUT RI

#Transportasi Massal #Light Rail Transit
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan