Hanung Bramantyo Tunda Perilisan Film Kartini Tahun Depan Hanung Bramantyo, Robert Ronny, dan Dian Sastrowardoyo pada konferensi pers film Kartini di Djakarta Theater. Jakarta, (14/7) (Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

MerahPutih Film - Tak ingin terburu-buru dalam pembuatan film terbarunya yang berjudul "Kartini" sutradara Hanung Bramantyo sengaja mengundur proses rilis film tersebut selama satu tahun. Produser film tersebut Robert Ronny mengatakan akan meluncurkan film "Kartini" pada tanggal 21 April 2017, bersamaan dengan peringatan hari Kartini.

"Pembuatan film Kartini lebih kompleks jadi kita akan tayang setahun lagi tanggal 21 April," ucapnya di Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7).

Ditempat yang sama Hanung menjelaskan proses syuting film "Kartini" tidak terlalu lama hanya membutuhkan waktu kurang dari sebulan. Namun ia ingin berkonsentrasi dalam proses editing sehingga hasil yang didapat bisa lebih maksimal.

"Kalau syuting dimana-mana itu paling cepat dari seluruh proses, yang paling lama itu adalah riset dan post production. Yang lama itu post production karena editingnya itu kaya nulis lagi. Saya ingin berlama-lama diediting kali ini karena saya kepengin seperti nulis skenario lagi," ucap Hanung.

Selain itu molornya proses syuting Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC2) yang juga diperankan oleh Dian Sastro menjadi kendala lain. Padahal lanjut Hanung proses syuting rencananya sudah dimulai pada bulan Desember tahun lalu.

"Mau syuting akhir 2015 bulan Desember. Kita mau syuting disitu, bentrok film nya Dian, jadi molor. Syukur ada persoalan itu. Karena dari situ menemukan data, buku dan fakta baru. Maka kita bedah lagi dan bedah skenario lagi. Mau shooting Mei, abis kerjain Rudy Habibie. Mau shooting Mei mundur lagi karena ada data baru," pungkasnya.

Film "Kartini" produksi Legacy Picture ini merupakan fim ketiga yang menceritakan kehidupan Kartini. Sebelumnya tahun 1982 sutradara Stumanjaja membuat film berjudul R.A Kartini dan pada beberapa bulan yang lalu sutradara muda Azhar Kinoi Lubis membuat film berjudul Surat Cinta Kartini.

Pada film yang dibuat Hanung kali ini menceritakan pemberontakan Kartini atas budaya feodal yang dianut oleh keluarganya. Konflik akan terjadi saat Kartini dipingit untuk menjadi seorang istri dari Bupati Rembang Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. (Yni)

BACA JUGA:

  1. Kocak, Teaser Trailer Perdana Warkop DKI Reborn
  2. SBY Ikutan Nobar Film Rudy Habibie
  3. Kaesang Buat Film Pertama Anak Presiden
  4. Tayang Perdana, Finding Dory Jadi Film Animasi Terlaris
  5. Kisah Sesungguhnya di Balik Film The Conjuring 2


Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH