Gunung Api Venus Masih Aktif

Fadhli Fadhli - Sabtu, 20 Juni 2015
Gunung Api Venus Masih Aktif
Foto: NASA/Roger Ressmeyer/CORBIS

MerahPutih Sains - Banyak ilmuwan mempercayai bahwa jutaan tahun yang lalu gunung api di planet Venus pernah aktif. Ilmuwan percaya gunung api itu pernah meletus dan membanjiri seluruh planet dengan lava. Kini astronom percaya bahwa gunung api itu masih aktif.

Misi luar angkasa bernama Venus Express telah mempertegas perkiraan itu. Misi ini telah menemukan adanya aktivitas eksplosif di planet Venus. Menurut Daily Mail, temuan ini juga mampu menjelaskan bagaimana planet itu terbentuk.

Malalui data itu, para ilmuwan dapat menemukan asal bagaimana titik panas Venus terbentuk, “Kami telah melihat beberapa kemunginan mengapa di permukaan Venus terkadang lebih panas, kemudian kembali mendingin,” ujar Eugene Shalygin dari Max Planck Institute for Solar System Research.

Menurut Eugene, titik panas itu merupakan salah satu bukti yang menguatkan bahwa Venus masih memiliki gunung api yang aktif. Bukti lain mengenai adanya gunung api yang aktif di Venus sebenarnya sudah ada sejak tahun 2010.

Pada tahun 2010, pencitraan infra merah di beberapa gunung menunjukan adanya aliran lava dari jutaan tahun silam. Ilmuwan lain juga melaporkan adanya kandungan sulfur dioksida di atmosfir Venus. Hal ini merupakan tanda adanya gunung api yang aktif di planet itu.

 

Baca juga:

6 Ilmuwan Lakukan Simulasi Tinggal di Mars

Simulasi Tinggal di Mars untuk Ketahui Kondisi Fisik Ilmuwan

Solusi Bersihkan Sampah Antariksa adalah Lem

Lebih Dari 500.000 Puing Sampah Antariksa Mengitari Bumi

Sayap Pesawat Masa Depan dapat Perbaiki Diri Sendiri

#Gunung Api #Planet Venus
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan