Solusi Bersihkan Sampah Antariksa adalah Lem

Fadhli Fadhli - Kamis, 18 Juni 2015
Solusi Bersihkan Sampah Antariksa adalah Lem
Ilustrasi sampah antariksa. (Foto: NASA)

MerahPutih Sains - Setiap hari, jutaan keping sampah antariksa terbang di ruang angkasa, ratusan mil di atas kepala kita. Sampah antariksa itu memiliki potensi menjadi ancaman bagi stronot dan satelit buatan. Namun kabarnya peneliti telah menemukan solusi untuk bersihkan sampah antariksa, yaitu dengan lem.

Sampah antariksa itu bisa saja menghantam bagian penting dari satelit, juga menghantam astronot yang sedang bertugas. Selama bertahun-tahun ilmuwan berusaha menemukan solusi untuk mengurangi resiko mengerikan dari sampah antariksa.

Sampah antariksa itu kini sudah membentuk sabuk puing yang mengitari bumi. Sampah itu terdiri dari perangkat keras wahana antariksa, serpihan roket, mur, baut, dan sebagainya. Sampah-sampah itu memiliki kecepatan hingga 17.500 mil per jam dan terus berputer mengelilingi bumi.

Perusahaan bernama Astroscale yang berbasis di Singapura telah mengklaim bahwa mereka telah menemukan solusinya. Mereka membuat semacam lem yang terbuat dari zat rahasia untuk mengikat serpihan sampah antariksa.

Menurut Astroscale, fungsi lem buatannya sama seperti lem konvensional lainnya. Kemudian seperti dijelaskan dalam CNN (16/6), perusahaan ini menggambarkan bahwa zat lem ini akan dibawa dalam satelit yang terdiri dalam dua bagian. Prototipe proyek ini akan diluncurkan pada 2017.

 

Baca juga:

#Antariksa #Sampah
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan