Lebih Dari 500.000 Puing Sampah Antariksa Mengitari Bumi

Fadhli Fadhli - Kamis, 18 Juni 2015
Lebih Dari 500.000 Puing Sampah Antariksa Mengitari Bumi
Cuplikan film "Gravity" saat sampah antariksa belum menyerang Sandra Bullock. (Foto: YouTube)

MerahPutih Sains - Menurut NASA, ada lebih dari 500.000 keping puing sampah antariksa yang lebih besar dari kelereng, sekitar 20.000 di antaranya lebih besar dari softball. Selain itu masih ada jutaan puing yang sangat kecil hingga sulit terseteksi. Mereka semua terus mengitari bumi dengan sangat cepat.

Mungkin dengan menyaksikan kembali film “Gravity” yang diperankan Sandra Bullock, anda dapat membayangkan potensi bahaya dari sampah antariksa. Para ahli, seperti dikatakan dalam situs resmi NASA juga membenarkan bahwa serpihan kecil sampah antariksa yang mengorbit bumi dapat menyebabkan kerusakan serius pada benda yang dihantamnya.

Jika Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sedikit saja keluar dari orbitnya dan mendekati orbit sampah antariksa, maka mereka akan menjumpai potensi bahaya yang besar. Pada tahun 2012, sepotong puing satelit Cosmos Rusia lewat cukup dekat dengan ISS, kemudian NASA memerintahkan seluruh awak ISS untuk melarikan diri sebagai tindak pencegahan.

Sejak awal program Space Shuttle diluncurkan, NASA mengatakan sudah berkali-kali mereka harus mengganti kerusakan pada beberapa jendela karena kehilangan semacam mur. Tentunya mur yang hilang itu akan menambah sampah antariksa.

 

Baca juga:

Teleskop Hubble akan Digantikan Adiknya

Gunung Everest Geser 3 Sentimeter ke Arah Barat Daya

6 Ilmuwan Lakukan Simulasi Tinggal di Mars

Simulasi Tinggal di Mars untuk Ketahui Kondisi Fisik Ilmuwan

Solusi Bersihkan Sampah Antariksa adalah Lem

#Bumi #Antariksa #Sampah
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan