Bukti Terbatas Belum Dapat Pastikan Siapa Pembunuh Mirna

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 20 September 2016
Bukti Terbatas Belum Dapat Pastikan Siapa Pembunuh Mirna
Sidang Jessica di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (Foto: MP/Yohanes Abi)

MerahPutih Megapolitan - Ahli Psikologi Agus Mauludi mengatakan saat terdakwa kasus pembunuhan Mirna Wayan Sailin ada potensi terjadi sebuah kejahatan terhadap korban.

"Kalau saya melihat ada indikasi sebuah kejahatan yang menyebabkan Mirna meninggal. Keterlibatan itu nampak pada pembuatan, perantaraan, peletakan dan penguasaan es kopi Vietnam," kata Agus saat memberikan keterangan di ruang sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (19/9) dini hari.

Agus menambahkan hal itu tidak semata-mata siapa menentukan siapa yang paling mungkin menuangkan sianida dalam kopi es vietnam yang diminum Mirna. Dosen Universitas Pancasila ini menuturkan semua bergantung sudut pandang pemeriksa.

"Kalau saya perhatikan dari sisi penguasaan kopi, ada kemungkinan Jessica. Disamping itu, kalau dilihat pada risiko ketahuan paling rendah, kemungkinan bisa menyasar pembuat kopi," tuturnya.

Menurut Agus dari bukti-bukti yang terbatas ini seperti rekaman kamera pengawas (CCTV) dan hasil wawancara belum bisa menetukan siapa pembunuh Mirna. Selain itu Agus Mauludi juga menekankan agar tidak langsung menyimpulkan melalui gestur terdakwa di meja nomor 54 Kafe Olivier dan tindakan Jessica yang melakukan penutupan pembayaran "close bill".

"Kebiasaan setiap individu berbeda-beda. Kalau terkait 'close bill', bisa saja orangnya memang pelit biar berikutnya tidak perlu tambah lagi. Itu perilaku umum ('common behaviour')," jelasnya.

Seperti diketahui, sidang 'kopi sianida' kembali digelar. Dalam sidang ke-22 ini, Majelis Hakim Kisworo akan mendengarkan kesaksian dari saksi meringankan pihak terdakwa Jessica Kumala Wongso.(Abi)

BACA JUGA:

  1. Majelis Hakim Sidang Jessica Langgar Banyak Pasal?
  2. Otto Hasibuan Sebut Saksi Ahlinya Lebih Berbobot dari Saksi JPU
  3. AAMI Laporkan Hakim Sidang Jessica ke Komisi Yudisial
  4. Ahli Psikologi Lakukan Analisa Terhadap Perilaku Jessica
  5. Sidang Jessica ke-20, Saksi Ahli dari Otto Hasibuan Kurang Greget
#Sidang Jessica #Saksi Ahli #Jessica Kumala Wongso #Wayan Mirna Salihin
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan