BPCB Yogyakarta Temukan Pagar Kuno Candi Prambanan

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 17 Februari 2016
BPCB Yogyakarta Temukan Pagar Kuno Candi Prambanan
Para Arkeolog temukan pagar kuno di Kompleks Candi Prambanan Yogyakarta (Foto: MP/Flo

MerahPutih Budaya - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DI Yogyakarta menemukan pagar kuno di kawasan Candi Prambanan. Temuan terjadi saat tim studi yang hendak melakukan pemugaran menggali gorong-gorong.

"Bulan lalu, orang kita (red, tim pemugaran) menggali lubang gorong-gorong. Nah, ada benda itu, pagar kedua Candi Prambanan," kata Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta Wahyu Astuti saat ditemui merahputih.com di kantor BPCB, Jalan Yogyakarta-Solo Km. 15, Kalasan, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (17/2).

Pagar yang ditemukan tersebut merupakan pagar kedua Candi Prambanan. Posisi pagar kedua yang ditemukan tersebut tidak jauh dari pagar pertama. Rencananya untuk memastikan secara arkeologis, pagar temuan tersebut akan diteliti terlebih dahulu.

Candi Prambanan sesaat setelah gempa Yogyakarta (Foto: MP/Flo)

Sementara pagar pertama, menurut Wahyu Astuti, sudah ada sejak lama. "Pagar pertama ini yang akan kita pugar. Pemugarannya bisa sampai 10 bulan," imbuhnya.

Dalam pemugaran Candi Prambanan, BPCB akan melakukan studi teknis guna memastikan kondisi bebatuan. "Mungkin tahun depan baru dimulai pemugarannya," katanya.

Sebelumnya dikabarkan, bebatuan salah satu candi di kawasan Candi Prambanan banyak yang hilang. Candi yang dimaksud ialah Candi Perwara.(fre)

BACA JUGA:

  1. Kampanyekan Cagar Budaya, BPCB Yogyakarta Manfaatkan Mobil Bioskop Keliling
  2. 2016, Yogyakarta Targetkan Lama Tinggal Wisatawan Meningkat
  3. Lama Tinggal Wisatawan di Yogyakarta Masih Rendah
  4. Yogyakarta Perketat Peredaran Miras Oplosan
  5. Yogyakarta Kembangkan Obyek Wisata Alam
#Wisata Di Yogyakarta #Cagar Budaya #BPCB Yogyakarta #Candi Prambanan
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan