Kampanyekan Cagar Budaya, BPCB Yogyakarta Manfaatkan Mobil Bioskop Keliling

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 17 Februari 2016
 Kampanyekan Cagar Budaya, BPCB Yogyakarta Manfaatkan Mobil Bioskop Keliling
Ilustrasi bioskop keliling digagas pemerintah (Foto:.kemdikbud.go.id)

MerahPutih Peristiwa - Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya DI Yogyakarta Winston Mambo menjelaskan, pendidikan tentang kepedulian cagar budaya dilakukan berbagai cara. Salah satunya nonton gratis.

"Kita saat ini ada mobil keliling buat bioskop. Tempatnya di tempat-tempat terbuka," kata pria yang baru saja dimutasi dari BPCB Jambi ke BPCB Yogyakarta ini, saat ditemui merahputih.com di kantor BPCB DI Yogyakarta, Jalan Yogyakarta Solo Km. 15, Kalasan, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (17/2).

Film-film utamanya ialah film-film layar lebar dari Tanah Air. Di antaranya film Laskar Pelangi, Garuda di Dadaku, dan Sang Pencerah.

"Tujuan film yang udah dikenal ini untuk daya tarik. Selain itu kan bisa membentuk karakter, karena memang kita pakai tema karakter kebangsaan. Tapi, sebelum pemutaran film itu, kita putar film-film dokumenter tentang cagar budaya," katanya menjelaskan.

Bioskop keliling berperan sebagai sosialisasi dan sambung rasa antara pemerintah dengan masyarakat (Foto:.kemdikbud.go.id)

Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta Wahyu Astuti menambahkan, mobil bioskop keliling dapat dipanggil oleh kelompok masyarakat mana pun.

"Pola lokasi pemutarannya, tergantung masyarakat saja yang mana lebih dulu meminta. Sekarang ini banyak proposal yang masuk ke kita, minta pemutaran bioskop keliling ini," katanya.

Mobil bioskop keliling merupakan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Kemendikbud menyediakan 60 mobil bioskop keliling di seluruh wilayah Indonesia, dengan persebaran ke Balai Pelestarian Cagar Budaya, Balai Pelestarian Nilai Budaya, dan museum-museum.(fre)

BACA JUGA:

  1. 2016, Yogyakarta Targetkan Lama Tinggal Wisatawan Meningkat
  2. Lama Tinggal Wisatawan di Yogyakarta Masih Rendah
  3. Polda DI Yogyakarta Awasi Peredaran Bahan Baku Miras Oplosan
  4. Yogyakarta Perketat Peredaran Miras Oplosan
  5. Yogyakarta Kembangkan Obyek Wisata Alam
#Yogyakarta #Bioskop Keliling #Cagar Budaya #BPCB Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan