Beragam Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Selasa, 12 Juli 2016
Beragam Manfaat Tomat untuk Kesehatan
Tomat (pexels.com)

MerahPutih Kesehatan - Tomat merupakan jenis buah-buahan yang biasa dimasak bersamaan dengan sayuran. Karena rasanya yang asam membuat toomat begitu sering dijadikan bahan tambahan untuk kelezatan beberapa jenis masakan.

Tapi tahukah Anda jika tomat juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda jika sering dikonsumsi, beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda diantaranya seperti berikut.

1. Menurunkan Risiko Kanker

Buah tomat mengandung berbagai antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen, maka jika Anda sering mengkonsumsi tomat bisa membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang telah diketahui bisa menyebabkan kanker, termasuk jenis yang paling umum yaitu kanker prostat, dan kanker kolorektal(kanker usus).

Likopen dalam tomat dikaitkan menurunkan resiko kanker prostat, sementara betakaroten yang tinggi pada tomat dikaitkan dengan pencegahan kanker kolorektal.

2. Menormalkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi tomat dapat mengurangi asupan natrium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, namun meningkatkan asupan kalium juga mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya.

3. Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe dengan diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang rendah, dan pada diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan manfaat untuk kadar gula darah, lipid, dan kadar insulin. Secangkir tomat menyediakan sekitar 2 gram serat yang baik untuk tubuh.

4. Mencegah Sembelit

Banyak mengkonsumsi tomat juga bisa menghindari sembelit, sembelit merupakan kondisi yang cukup menyiksa, dan jika sering terjadi bahkan bisa meningkatkan resiko kanker usus. Mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan air dan serat seperti halnya tomat bisa membantu untuk terhidrasi dan melancarkan BAB. Serat sangat penting untuk meminimalkan kejadian sembelit dan mengeluarkan seluruh feses tanpa tersisa dalam tubuh.

Dibalik semua manfaat sehat dalam tomat Anda juga harus tetap memperhatikan kebersihan buah tomat yang akan Anda konsumsi. Tomat menjadi buah yang paling banyak menerima insektisida, sehingga jika kurang baik membersihkannya bisa berakibat buruk jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Dan bagi orang penderita maag atau gangguan lambung, disarankan untuk menghindari tomat karena asamnya bisa memperparah gejala maag yang Anda alami.

BACA JUGA:

  1. Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh
  2. Buah Pepaya Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
  3. Manfaat Buah Delima yang Baik untuk Kesehatan
  4. Manfaat Mengonsumsi Kurma untuk Kesehatan
  5. Manfaat Santan Kelapa untuk Kecantikan Kulit
#Tips Kesehatan #Sayur Dan Buah #Manfaat Buah-buahan
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan