Buah Pepaya Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Sabtu, 25 Juni 2016
Buah Pepaya Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Ilustrasi Buah Pepaya (Foto: Pinterest)

MerahPutih Kesehatan - Buah pepaya merupakan buah asli dari negara Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan yang bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis, termasuk di Indonesia.

Buah pepaya bisa dikonsumsi langsung setelah masak atau dikonsumsi saat masih mentah untuk dijadikan sebagai bahan campuran untuk sayur.

Seperti yang telah banyak orang tahu jika buah pepaya kaya akan enzim, vitamin, maupun mineral.Selain itu, buah pepaya juga memiliki banyak nutrisi dianataranya seperti beta karoten (vitamin A), vitamin C, vitamin B kompleks, flavonoid, asam folat dan pantotenat. Buah pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, dan serat.

Sedangkan jika untuk kesehatan, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda, diantaranya seperti berikut.

1. Melangsingkan Tubuh

Enzim papain pada buah pepaya juga berkhasiat mempercepat proses pencernaan protein. Enzim ini mampu memecah protein menjadi arginin, dan menguraikan makanan menjadi berbagai macam protein atau asam amino, sehingga memudahkan penyerapannya oleh tubuh.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan nutrisi buah pepaya bisa membantu mencegah oksidasi kolesterol yang menyebabkan sakit jantung. Karena ketika kolesterol menjadi teroksidasi bisa menempel pada dinding pembuluh darah, menyebabkan plak yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Buah pepaya juga rendah gula, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Antioksidan

Konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C, dan E pada buah pepaya berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan juga bermanfaat mencegah oksidasi kolesterol yang sering menempel pada dinding arteri, sehingga menyebabkan hipertensi.

BACA JUGA:

  1. Manfaat Buah Delima yang Baik untuk Kesehatan
  2. Sayuran untuk Hindari Dehidrasi Saat Berpuasa
  3. Tips Ampuh Cegah Berat Badan Naik Saat Berpuasa
  4. 5 Buah yang Sehat Dikonsumsi Saat Sahur dan Berbuka
  5. Ini Dia 6 Makanan yang Bisa Bikin Anda Kuat Berpuasa
#Tips Kesehatan #Manfaat Buah-buahan
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan