Atasi Luka Bakar Ringan dengan 5 Bahan Alami Ini

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Sabtu, 25 Juli 2015
Atasi Luka Bakar Ringan dengan 5 Bahan Alami Ini
Ilustrasi Kulit Pisang (Istimewa)

MerahPutih Cantik – Bagi anda para wanita yang hobi memasak terutama pasti sering mengalami luka bakar ringan akibat terkena perlengkapan masak yang panas, air panas ataupun terciprat oleh minyak panasa saat sedang menggoreng, pasti luka tersebut akan menimbulkan bekas pada kulit anda.

Namun kini anda tidak perlu khawatir karena tanpa kita ketahui ada beberapa jenis bahan alami yang dapat anda gunakan jika terkena luka bakar, seperti yang dilansir top10homeremedies.

1. Madu

Madu yang biasa digunakan sebagai campuran untuk bahan makanan atau minuman ternyata juga memiliki manfaat yang sangat banyak dan bisa dijadikan juga sebagai obat luka bakar. Madu yang mengandung zat antiseptik dapat menyembuhkan luka bakar ringan seperti terkena knalpot, minyak/air panas. Madu akan meminimalisir rasa terbakar dan bekas luka dalam beberapa hari. Cara penggunaannya mudah yaitu cukup mengoleskan madu pada bagian yang terkena luka bakar. Diamkan beberapa saat agar zat dari madu meresap ke kulit.

2. Kulit Pisang

Ternyata selain buah pisangnya yang bisa kita konsumsi, kulit pisangnya juga berguna untuk menyebuhkan luka bakar yang anda alami. Caranya mudah, kulit pisang bagian dalam di oleskan lembut ke bagian luka bakar. Disarankan kulit pisang dioleskan ke luka sampai kulit pisang berwarna hitam agar pemaksimalan zat yang terkandung bekerja sempurna.

3. Lidah Buaya

Tanpa banyak orang mengetahuinya ternyata lidah buaya bisa dengan cepat menyembuhkan luka bakar. Caranya mudah, anda cukup dengan mematahkan lidah buaya dibagian yang keluar getah dioleskan ke luka bakar yang anda alami. Lakukan cara tersebut secra terus menerus sampai luka mengering. Getah lidah buaya berfungsi mendinginkan lupa dan mempercepat proses pemulihan jaringan kulit.

4. Air Dingin

Anda dapat mengompreskan air dingin pada daerah yang terkena luka bakar. Ulangi setiap beberapa jam untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat luka bakar. Yang perlu Anda ingat, air dingin ini bukan es tetapi air biasa karena air es akan mengakibatkan aliran darah membeku yang mengakibatkan kerusakan pada jaringan halus.

5. Kentang

Selain dijadikan sebagai bahan campuran untuk sayur, ternyata kentang juga berguna untuk mengobati luka bakar. Karena kentang memiliki sifat anti iritasi yang dapat mengobati luka bakar, kentang akan mengurangi rasa sakit dan mencegah lecet pada luka bakar. Anda dapat memotong kentang lalu gosokkan perlahan pada luka bakar. Anda juga dapat memarut kentang lalu menempelkannya pada luka bakar selama 15 menit.

Baca Juga:

Obati Sakit Gigi dengan 5 Bahan Alami Ini

Miliki Kulit Cantik, Hindari 5 Jenis Makanan Ini

5 Manfaat Sehat Semangka Bagi Tubuh

 

#Cantik #Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan