Olahraga

Yuki Nagasato, Perempuan Pesepak Bola Pertama yang Gabung ke Klub Pria

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 17 November 2020
Yuki Nagasato, Perempuan Pesepak Bola Pertama yang Gabung ke Klub Pria
Yuki Nagasato pernah memenangka Piala Dunia Wanita di 2011. (Foto: CBC)

PESEPAK bola asal Jepang, Yuki Nagasato, baru saja mengukir sejarah baru. Pemenang Piala Dunia Wanita FIFA 2011 ini baru saja resmi dikontrak dan dipercaya untuk memperkuat tim sepak bola pria, Hayabusa Eleven. Nagasato menjadi perempuan pertama di dunia yang bermain secara profesional untuk klub pria.

Hayabusa Eleven merupakan klub yang tidak cukup populer sampai akhirnya ramai diperbincangkan berkat kehadiran Yuki Nagasato. Dilansir laman FIFA, Nagasato dikontrak Hayabusa Eleven dengan status pinjaman dari klub induk Chicago Red Stars dari National Womens’ Soccer League (NWSL).

Nagasato akan bermain untuk tim ekspansi NSWL Racing Louisville mulai musim 2021. Ia pun membagikan kabar baik ini di akun Instagramnya pada 11 September 2020.

Baca juga:

Kenapa Orang Jepang Rata-Rata Langsing? Ternyata Ini Rahasianya

“Baru saja memulai perjalanan baru. Saya senang bisa bergabung dengan @hayabusairebun tempat kampung halaman saya di Atsugi. Ini merupakan salah satu mimpi saya untuk bisa bermain di klub kampung halaman dan di liga pria,” tulisnya.

Nagasato menjadi sosok yang profesional di dunia sepak bola wanita, tidak hanya di Jepang, tetapi juga di Jerman, Inggris, AS, dan Australia. Ia menginspirasi para pemain muda untuk terus mengejar impian mereka.

“Saya ingin menyampaikan pesan kepada para perempuan yang bermain di klub pria, bahwa kita dapat bergabung dengan mereka dan menantang diri mereka sendiri,” ujarnya mengutip CBC.

Baca juga:

5 Pemain Jepang Tersukses di Eropa

Yuki Nagasato, Pesepak Bola Perempuan Pertama yang Gabung ke Klub Pria
Resmi bergabung dengan Hayabusa Eleven sejak September 2020. (Foto: AFC)

“Sejujurnya, saya tidak tahu seberapa baik saya bisa bermain dengan tim ini. Tapi saya akan melakukan yang terbaik untuk memaksimalkan pengalaman. Penampilan saya menjadi lebih baik saat saya banyak pengalaman,” lanjutnya.

Salah satu motivasi Nagasato bergabung dengan klub pria adalah untuk mengembangkan permainan sepak bola perempuan di Jepang.

Sang kakak, Genki Nagasato yang bermain untuk Hayabusa juga membantu adiknya bergabung dengan tim.

“Selama lebih daru satu dekade ia mengatakan kepada saya bahwa impian utamanya adalah bermain di tim pria. Jadi sebagai kakak laki-laki, saya ingin membantu adik perempan saya mencapai impiannya,” kata sang kakak.

Nagasato memiliki jejak karier yang cukup mengesankan. Ia mewakili Jepang dalam tiga Piala Dunia dan dua pertandingan Olimpiade. Penyerang berusia 33 tahun ini juga telah mencetak 58 gol untuk Jepang di 2004. (and)

Baca juga:

Mengenal Akira Nishino, Pelatih Konservatif dan Guru Baru Sepak Bola Thailand

Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan