Cara Mudah Tingkatkan Fokus Kerja Usai Libur Panjang Lebaran, Dijamin Ampuh! Tetap fokus kerja usai libur panjang lebaran dengan beberapa tips ampuh (Foto: pixabay/mickey970)

PADA saat hari pertama masuk kerja usai libur panjang lebaran, biasanya banyak pekerjaan yang menumpuk. Hal itu kerap kali membuat pikiran seseorang bercabang ke mana-mana.

Alih-alih bisa konsentrasi, justru rasa kantuk yang lebih sering datang. Hal itu kemungkinan lantaran pikiranmu masih tertuju pada momen santai di liburan panjang lebaran.

Namun, kamu tak perlu khawatir menghadapi gagal fokus di hari pertama kerja usai libur panjang. Seperti yang dilansir dari lama Go Dok, ada beberapa cara untuk meningkatkan fokus kerja.

Salah satunya yaitu mencari posisi yang nyaman. Dalam hal ini yakni usahakan tubuh kamu tetap tegak. Selain itu sediakan air minum dalam jangkauan kamu, karena kamu membutuhkan asupan air yang cukup, agar tak mudah lelah dan mengantuk dan tetap konsentrasi.

Perhatikan posisi tubuh kamu agar tetap tegak dan pastikan asupan air minum yang cukup (Foto: pixabay/sigre)

Apabila kamu tak betah duduk berlama-lama, berdirilah. Hampiri rekan sekantor dan berbincanglah sebentar. Karena menurut Gloria Mark, Profesor Informatika UCI, menerangkan jika hal itu akan membuat tubuh pekerja akan lebih rileks.

Cara yang kedua yaitu buatlah ruang kerja kamu menjadi menyenangkan. Mengapa demikian? Karena ruang kerja yang nyaman dan menyenangkan bisa meningkatkan fokus dalam bekerja.

Menurut peneliti bernama Knight dan Huslam, dalam penelitiannya mereka membandingkan orang-orang yang menyelesaikan pekerjaan di ruang kerja kosong tanpa dekorasi, orang yang menyusun sendiri riang kerjanya dan ruang kerja berdekorasi seperti tumbuhan dan gambar-gambar.

Ruang kerja yang nyaman bisa meningkatkan konsentrasi dan produktifitas kamu (Foto: pixabay/qimono)

Penelitian tersebut menghasilkan, orang dengan urang kerja berdekorasi tumbuhan dan gambar 17% lebih produktif. Dibandingkan dengan orang yang bekerja di ruang kerja kosong tak berdekorasi.

Disamping itu, orang yang menyusun sendiri ruang kerjanya, terbukti 32% lebih produktif dibanding orang yang bekerja di ruang kerja fungsional. Jadi buatlah ruang kerja kamu lebih hidup dan menyenangkan, karena bisa meningkatkan semangat untuk bekerja.

Selanjutnya, cara yang ketiga yaitu istirahatkan mata sejenak dari layar komputer. Tapi perlu dicatat hindari membuka media sosial di ponsel kamu pada saat kamu mengistirahatkan mata.

Hindari membuka media sosial saat bekerja (Foto: pixabay/firmbee)

Mungkin rasa penasaran membuka menunda sosial dapat menjadi tak tertahankan. Namun menurut Andreassen, terdapat konsekusensi negatif yang timbul dari menggunakan media sosial di jam kerja. Jika kamu bisa melawan keinginan untuk menggunakan media sosial, maka produktivitas kamu dan konsentrasi kamu meningkat.

Lalu cara yang keempat ialah fokus dengan satu pekerjaan terlebih dahulu. Karena kenyataanya multitasking atau mengerjakan banyak pekerjaan dalam suatu waktu, bukan cara terbaik dalam bekerja. Terkait hal itu, menurut penelitian, pikiran kamu mempunyai batasan untuk berpindah-pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya.

Buat skala prioritas pekerjaan, jangan memaksakan sekaligus (Foto: pixabay/rawpixel)

Lantaran memaksakan semua pekerjaan sekaligus, malah akan menghasilkan hasil yang tak memuaskan. Jadi sebaiknya kamu berikan pekerjaan kamu skala prioritas. Kerjkakanlah pekerjaan yang memiliki prioritas utama terlebih dahulu.

Baca juga: Dahsyat! 5 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Usai Pesta Lebaran

Nah itu dia beberapa cara untuk meningkatkan fokus bekerja setelah libur panjang lebaran. Semoga Bermanfaat yah guys. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH