hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Yuk, Kenali Cara Menyayangi Pita Suara Sayangi suaramu (Foto: Pexels/Moose Photos)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

BEBERAPA waktu lalu penyanyi Miley Cyrus operasi pita suara. Selama masa penyembuhan, pelantun Wrecking Ball itu harus 'puasa' manggung selama beberapa waktu ke depan. Mengapa bisa begitu?

Hal itu dikarenakan adanya kelumpuhan yang terjadi di pita suara atau biasa disebut vocal cords paralysis. Hal ini bisa terjadi karena “perjalanan” impuls suara ke kotak suara (laring) terganggu.

Baca juga:

Polusi Suara Menyebabkan Diabetes?

Kelumpuhan pita suara juga menyebabkan kemampuan bicara dan pernapasanmu terganggu. Soalnya, pita suara berfungsi untuk melindungi jalan napas agar makanan dan minuman tidak masuk ke trakea supaya kamu tidak tersedak.

Tanda-tanda kamu mengalami kelumpuhan pita suara beragam. Di antaranya suara serak, napas yang berbunyi, tersedak saat makan dan minum, tidak mampu berbicara keras, lebih sering bernapas saat berbicara, hilangnya nada suara, dan sering berdehem.

Segera periksa ke dokter apabila kamu sudah merasakan gejala-gejala tersebut untuk menghindari kelumpuhan pita suara lebih parah lagi.

Walau dokter tidak selalu bisa memastikan penyebabnya, kelumpuhan pita suara bisa terjadi karena cedera leher, stroke, tumor, peradangan atau jaringan parut pada sendi pita suara, dan gangguan saraf bisa

Nah, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat pita suara, antara lain:

1. Tidak nyanyi terlalu keras

Jangan bernyanyi terlalu keras (Foto: Pexels/Public Domain Pictures)

Sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Oleh karena itu, bila kamu ingin berbicara atau bernyanyi pastikan tidak terlalu keras agar tidak memberikan tekanan berlebih kepada pita suara.

Baca juga:

Tips Makan Sehat Jaga Kualitas Suara

2. Tidak merokok

Asap rokok menyebabkan kelumpuhan pita suara (Foto: pexels/Rahul)

Tidak hanya paru-paru yang terkena dampak akibat merokok, begitu pula pita suara. Bahkan, pita suara juga bisa mengalami kelumpuhan dan kanker akibat teriritasi asap rokok yang terhisap ke dalam tubuh.

3. Batasi pengobatan

Batasi pengobatan (Foto: pexels/Pixabay)

Beberapa pengobatan yang mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan keringnya pita suara. Pada akhirnya pita suara bisa terluka karena terlalu sering kering. Jadi, batasi pengobatan yang kamu jalani, jangan lupa minta saran dari dokter ya.

4. Tidak memaksa

Jangan paksa untuk bicara ketika leher sakit (Foto: Pexels/energepic.com)

Saat tenggorokan sakit terkadang kamu merasakan sakit di leher. Berbicara pun akan terasa tidak nyaman karena lehermu terasa sakit. Jangan paksakan untuk terus bicara karena akan membuat pita suara cedera. Istirahatlah agar tidak semakin menyakiti lehermu.

Yuk, sahabat Merah Putih, sayangi pita suara kamu agar tidak mengalami yang dirasakan oleh Cyrus. (lio)

Baca juga:

Manfaat Teriak Bagi Kesehatan


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5