Manfaat Teriak Bagi Kesehatan Manfaat berteriak bagi kesehatan (Sumber: Sci Tech Daily)

MANAJEMEN emosi seringkali terasa rumit. Banyak yang berpikir bahwa dengan diam semua akan lebih tenang. Kenyataannya, diam tak selalu baik untuk kesehatan psikis. Ada kalanya kamu perlu berteriak.

Mengekspresikan diri dengan bicara adalah langkah tepat. Selain itu, membiarkan semua yang kita rasakan dan pikiran terdengar membantu kita melihat sesuatu dari perspektif berbeda. Berikut fakta pentingnya bersikap vokal:

Baca juga:

Polusi Suara Menyebabkan Diabetes?

1. Diam Meningkatkan Penyakit Komplikasi

Kesehaan
Kesehatan perempuan (Sumber: Women's Health)

The North America Menopause Society (NAMS) melakukan penelitian di mana mereka mengevaluasi 304 perempuan menikah jelang menopause. Berdasarkan hasil riset, perempuan yang memilih untuk diam demi menghindari pertengkaran cenderung menghadapi berbagai komplikasi. Perempuan yang lebih banyak diam justru mudah mengalami sembelit, peningkatan kolesterol, depresi dan obesitas.

2. Banyak Berteriak, Sedikit Stres

Yelling
Perempuan berteriak (Sumber: Marvel Studio)

Salah satu poin yang diukur oleh peneliti NAMS adalah frekuensi para perempuan untuk mengalami kemarahan dan ledakan euforia. Ketika mereka mampu mengeluarkan emosi dengan menaikkan volume suara dan secara verbal mengutarakan hal yang membuat frustasi, menunjukkan kesehatan yang lebih baik daripada yang tidak. Mereka juga mengalami manfaat psikologi dari mencegah represi dari keadaan emosional ini.

Baca juga:

4 Alasan Pita Suara Mendadak Serak

3. Menyembunyikan Emosi Memiliki Konsekuensi Bagi Fisik

Yelling
Menyembunyikan emosi (Sumber: Oliver Bridge)

Menampilkan topeng bahagia dan tenang tidak berarti keadaan tersebut nyata. Ini adalah perilaku yang terkait dengan sensitivitas yang lebih besar terhadap penolakan. Kondisi siaga permanen justru terkait erat dengan penurunan harapan hidup pada laki-laki dan perempuan di seluruh dunia.

Jadi, jangan selalu diam ya sahabat Merah Putih kalau lagi ada masalah. (avia)

Baca juga:

Pengidap Gangguan Kesehatan Jiwa Tak Mendapat Penanganan Tepat

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH