Teknologi

YouTube Luncurkan Gim Baru untuk Pengguna Premium

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 29 November 2023
YouTube Luncurkan Gim Baru untuk Pengguna Premium
Ikuti Netflix, YouTube luncurkan layanan gaming. (Foto: Unsplash/Alexander Shatov)

YOUTUBE memasuki ranah permainan dengan memperkenalkan uji coba YouTube Playables untuk semua pengguna Premium pada akhir November ini.

YouTube Playables adalah koleksi gim ringan dan gratis yang dapat dimainkan di perangkat seluler dan desktop tanpa memerlukan unduhan, termasuk permainan seperti Angry Birds Showdown.

Google mengumumkan rencana untuk menguji fitur YouTube Playables pada September lalu, terutama ditujukan untuk pengguna tertentu. Saat ini, uji coba tersebut telah diperluas untuk mencakup semua pengguna YouTube Premium.

Seiring dengan langkah serupa dari Netflix dan TikTok yang juga memasuki dunia gim, YouTube berusaha mengikuti gelombang itu dengan menghadirkan gim-gim ringan yang dapat dimainkan di ponsel. Demikian dilaporkan Gizmodo, Selasa (28/11).

Baca juga:

Calon Youtuber, Ketahui 5 Level Youtube Play Button Lebih Dulu

Industri gim mengalami pertumbuhan pesat. (Foto: Unsplash/Florian Olivo)

Pendapatan global industri permainan mencapai USD 193 miliar (Rp 2.973 triliun) pada 2021, hampir dua kali lipat pendapatan industri film yang mencapai USD 100 miliar (Rp 1.540 triliun). Pertumbuhan industri permainan juga jauh lebih cepat dibandingkan industri hiburan lainnya.

YouTube mencatat bahwa 200 juta orang menonton video bertema video gim di platform mereka saban hari. Kini mereka berusaha mengubah sebagian pemirsa tersebut menjadi pemain.

Konten yang dapat dimainkan akan tersedia untuk pelanggan Premium hingga setidaknya 28 Maret. Pengguna yang membayar langganan bulanan sebesar USD 13,99 (Rp 215 ribu) akan mendapatkan akses eksklusif ke 30 Game Phaser, sebuah kerangka gim 2D untuk desktop dan seluler yang dikembangkan oleh Photon Storm.

Baca juga:

Pendapatan Iklan YouTube Turun 2,6%

YouTube ikuti strategi gaming Netflix. (Foto: Unsplash/Venti Views)

Beberapa permainan yang termasuk di dalamnya antara lain 8 Ball Billiards Classic, Merge Master, dan Farm Land. YouTube meminta pengguna Premium memberikan masukan terkait Playables untuk memperkaya pengalaman pengguna.

Para pesaing utama YouTube bersaing ketat untuk menarik perhatian pengguna. Reed Hastings, CEO Netflix, menyatakan dalam sebuah surat pemegang saham pada 2019 bahwa mereka bersaing dengan Fortnite lebih daripada HBO.

Ini mencerminkan perjuangan sengit untuk mendapatkan perhatian pengguna di antara platform-platform ini, yang semakin bersaing di berbagai aspek bisnis tradisional.

Persaingan tersebut menunjukkan bahwa pertarungan sebenarnya bukan hanya terkait dengan pangsa pasar, melainkan juga seberapa besar platform tersebut dapat menarik perhatian dan fokus pikiran pengguna. (waf)

Baca juga:

YouTube Berikan Kursus bagi Pembuat Konten yang Melanggar Kebijakan Platform

#YouTube #Media Sosial #Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan