Calon Youtuber, Ketahui 5 Level Youtube Play Button Lebih Dulu Play Button Reward diberikan YouTube sebagai bentuk penghargaan. (Foto: ssiworld.com)

YOUTUBE merupakan salah satu aplikasi sosial media yang terkenal. Berguna untuk menyebarkan informasi berupa video bersuara. Pengguna bisa melihat berbagai macam video bahkan mengunduhnya sendiri.

Pihak Youtube memberikan penghargaan berupa uang tunai sebagai apresiasi kanal yang mampu mencapai beberapa target. Selain uang tunai, terdapat cenderamata berupa bingkai berbentuk logo Youtube. Terlihat mudah namun nyatanya sangat sulit untuk mencapai tingkat-tingkat tersebut.

Baca Juga:

Yuk, Sontek 5 Inspirasi Liburan para Artis dan Youtuber Tanah Air

Bagi kalian yang ingin mendapatkan Youtube Play Button harus menjadi youtuber dan mencapai 5 level tingkatan. Berikut di bawah ini 5 level Youtube Play Button yang telah disiapkan oleh pihak Youtube.


1. Silver Play Button

(Trivia 1) Silver Play Button diberikan kepada pemilik channel yang memiliki seratus ribu subscribers (foto somm alliance)
Silver Play Button diberikan kepada pemilik channel yang memiliki seratus ribu subscribers. (Foto: somm alliance)

Untuk memperoleh Silver Play Button, pemilik akun Youtube harus memiliki seratus ribu subscribers terlebih dahulu. Silver Play Button ini merupakan bentuk penghargaan kepada youtuber sebagai YouTube's Creator Awards.

Lansiran dari laman Fandom, terbuat dari perak membentuk tampilan simbol tombol putar Youtube. Dikirimkan dalam kemasan seperti pigura kaca, tertulis "Congrats for surpassing 100,000 subscribers" beserta nama penerima. Terjadi perubahan desain pada 1 Maret 2017. Versi terbaru penghargaan ini terbuat dari 92% nikel, 5% karbon, 2,5% seng dan logam lain.


2. Gold Play Button

(Trivia 2) Gold Play Button pemilik akun YouTube dengan sejuta subcribers (foto youtube adam saleh)
Gold Play Button pemilik akun Youtube dengan sejuta subcribers. (Foto: Youtube/adam saleh)

Berbeda satu tingkat, Gold Play Button diberikan kepada pemilik akun Youtube dengan sejuta subcribers. Juga dikirimkan dalam kemasan kaca selayaknya pigura. Penghargaan ini dikirimkan dengan ucapan selamat beserta nama akun Youtube (channel). Bedanya, Gold Play Button terbuat dari emas 24 karat dan berukuran lebih besar daripada Silver Play Button.

Meski begitu, video JerryRigEverything mengungkapkan kadar emas hanya berada di permukaan plakat. Diperkirakan kandungan emasnya sebesar 15%, 79,5% nikel, dan sisanya besi atau tembaga.


3. Diamond Play Button

Note Coffee. (Foto: thenotecoffee.business.site)
Diamond Play Button bagi channel Youtube yang mencapai sepuluh juta subscribers. (Foto: Youtube/ksi)

Penghargaan berlapiskan perak dengan sebongkah kristal tak berwarna diberikan bagi channel Youtube yang mencapai sepuluh juta subscribers. Memiliki desain segitiga dengan tombol putar khas Youtube. Dikirimkan tanpa bingkai atau pelindung logam seperti Play Button sebelumnya.

Di Indonesia, penerima penghargaan Diamond Play Button hanya Atta Halilintar dan Ria Ricis. Dikabarkan penghasilan sebagai youtuber bisa mencapai miliaran rupiah.

Baca Juga:

9 Tahun Berkarya di YouTube, PewDiePie Tembus 100 Juta Subscribers

4. Custom Play Button

Custom Play Button atau biasa disebut Ruby Diamond Play Button diberikan secara eksklusif pada channel Youtube yang mencapai 50 juta subscribers. Uniknya, penghargaan ini dibuat berdasarkan keinginan pemilik channel Youtube-nya.

Nah, penerima Custom Play Button pertama adalah channel PewDiePie pada 2016 lalu. Sesuai permintaan, Custom Play Button yang diterimanya berwarna merah dengan bentuk logo channel-nya. Selain PewDiePie, Ruby Play Button juga diberikan kepada T-Series dan 5-Minute Crafts, seperti yang dilansir dari laman Fandom. Keren ya!


5. Red Diamond Play Button

(Trivia 5) Red Diamond Play Button diraih oleh PewDiePie dan T-Series (Foto digitalinformationworld)
Red Diamond Play Button diraih oleh PewDiePie dan T-Series. (Foto: digitalinformationworld)

Terakhir, penghargaan yang disediakan Youtube adalah Red Diamond Play Button. Pencapaian tertinggi yang diberikan pada pemilik channel Youtube dengan seratus juta subscribers. Terbuat dari inset logam berlapis perak, penghargaan ini berbentuk seperti Diamond Play Button sebelumnya. Bedanya, terdapat aksen merah tua di tengah Play Button. Red Diamond Play Button juga dimiliki PewDiePie dan T-Series. (Dys)

Baca Juga:

Yuk, Sontek 5 Inspirasi Liburan para Artis dan Youtuber Tanah Air


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH