Wow, Koleksi Tiara Ratu Elizabeth II Mencapai Harga Rp176 Miliar Koleksi tiara Ratu Elizabeth II yang paling berharga (Foto: US Weekly)

RATU Elizabeth II memang miliki berbagai perhiasan yang tak ternilai harganya. Namun salah satu yang paling berharga tentu adalah tiara kerajaan yang melingkari kepalanya. Sang ratu seringkali meminjamkan koleksi tiaranya itu untuk dikenakan anggota kerajaan pada hari pernikahannya.

Perhiasan yang menghiasi tudung pernikahan Kate Middleton dan Meghan Markle itu pun juga merupakan milik ratu. Tiara-tiara tersebut sudah diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya.

Baca juga:

Pangeran Philip Rayakan Ulang Tahun ke-99, Siapa yang Hadir?

Walaupun semuanya sangat indah dan memiliki sejarahnya tersendiri, ternyata ada satu tiara yang sangat berharga. Harganya bahkan mencapai Rp 176 miliar. Demikian dikabarkan Express UK.

Wow, Koleksi Tiara Ratu Elizabeth II Mencapai Harga Rp176 Miliar
The Greville Emerald (Foto: YouTube/@chriscarr49)

Menurut Deborah Papas, seorang ahli perhiasan dan batu permata, ada satu tiara milik Ratu Elizabeth yang menonjol karena niainya yang tinggi.

Tiara tersebut bernama The Greville Emerald yang dibuat oleh Boucheron, sebuah rumah perhiasan asal Paris pada tahun 1919.

Tiara itu dibuat dengan 93,7 karat permata emerald berbentuk oval di bagian tengahnya. Sementara sisi sampingnya dibuat dari platinum dan dihiasi dengan lima batu emerald serta berlian.

Tiara itu merupakan hadiah dari nyonya Greville, teman dekat ibu Ratu Elizabeth II dan anggota keluarga kerajaan lain. Ketika meninggal, nyonya Greville mewariskan seluruh koleksi perhiasannya kepada Ratu Elizabeth.

Baca juga:

Harry dan Meghan Markle Diam-Diam Mendukung Gerakan Anti Rasialisme

Berkat sejarahnya yang berkaitan erat dengan keluarga kerajaan serta penggunaan berbagai permata berharga, para ahli percaya bahwa The Greville Emerald bisa mencapai 10 juta poundsterling atau setara dengan Rp 176 miliar.

"Dengan adanya bukti sejarah yang kuat, dari nyonya Greville ke ibu ratu, dan sekarang ke ratu, permata elegan ini diperkiran akan terjual 5 hingga 10 juta poundsterling di pelelangan," ungkap Papas.

Wow, Koleksi Tiara Ratu Elizabeth II Mencapai Harga Rp176 Miliar
Putri Eugenie kenakan The Greville Emerald pada pernikahannya 2018 silam (Foto: Chatelaine)

Salah seorang anggota kerajaan yang mendapat kehormatan untuk mengenakannya adalah Putri Eugenie. Putri kedua pangeran Andrew itu terlihat mengenakan tiara ini pada pernikahannya dengan Jack Brooksbank di kapel St George's, Windsor 2018 silam.

Meski tidak semahal The Greville Emerald, namun koleksi tiara ratu lainnya diduga bisa seharga satu sampai dua juta poundsterling atau kurang lebih Rp 17 sampai 35 miliar.

Misalnya saja tiara berlian yang dipinjam Meghan Markle untuk hari pernikahannya. Bando berlian itu awalnya dibuat untuk Ratu Mary pada 1932 dan memiliki bros yang bisa dilepas pasang pada bagian tengah. Kabarnya tiara itu bernilai dua juta poundsterling.

Wow, Koleksi Tiara Ratu Elizabeth II Mencapai Harga Rp176 Miliar
Tiara yang dikenakan Meghan Markle, Kate Middleton, dan Putri Diana (Foto: EOnline)

Sementara pada hari pernikahan Kate Middleton 2011 silam, istri Pangeran William itu terlihat mengenakan tiara Cartier Halo yang merupakan hadiah dari Raja George VI untuk istrinya. Tiara yang satu ini dihargai 750 ribu sampai 1,25 juta poundsterling. (sam)

Baca juga:

Ratu Elizabeth Terlihat Menunggangi Kudanya di Halaman Kastil Windsor



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH