Mahasiswa Universitas Kyoto Boleh Cosplay saat Wisuda

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 01 Februari 2023
Mahasiswa Universitas Kyoto Boleh Cosplay saat Wisuda
Wisuda unik ala universitas seni di Jepang. (Foto: Universitas Seni Kota Kyoto)

INI bukan acara wisuda biasa. Jangan bayangkan semua wisudawan tampil seragam dengan toga. Tiap mahasiswa akan tampil sangat berbeda. Mereka melakukan cosplay.

Ya, kamu tak salah baca. Universitas Kyoto di Jepang memperbolehkan para mahasiswa mereka tampil ala cosplay saat menghadiri acara wisuda. Sudah pasti, ini akan jadi momen menggelitik nan bahagia. Salah satu universitas tertua di Jepang itu punya tradisi panjang setiap tahun untuk mengumpulkan, tak hanya kerabat mahasiswa, tapi juga ratusan fotografer dan jurnalis untuk upacara wisuda. Demikian diungkapkan Bored Panda.

Baca juga:

Suasana Wisuda Perwira Transportasi Dinas Perhubungan

Beragam kreasi kostum para wisudawan. (Foto: Universitas Seni Kota Kyoto)

Universitas Kyoto diketahui bekerja sama dengan Universitas Seni Kota Kyoto dan secara resmi mengizinkan wisudawan mereka untuk mengenakan pakaian apa saja yang mereka mau pada acara kelulusan. Para wisudawan menyambut aturan itu dengan antusias. Mereka menjadi sangat kreatif dalam memanfaatkan kesempatan itu.

Ada yang mengenakan kostum Pikachu, Mona Lisa, Teenage Mutant Ninja Turtle, Darh Vader, Power Rangers, Zombie, dan masih banyak lagi. Tentu, momen wisuda itu menjadi perhatian internasional, karena umumnya wisuda dilakukan dengan atribut toga lengkap.

Ibu seorang mahasiswa bahkan pernah mengatakan bahwa putrinya sengaja memilih untuk melanjutkan pendidikan sarjana di Universitas Kyoto demi bisa melakukan wisuda dengan kostum yang ia mau. Nampaknya, sang mahasiswa sudah mempersiapkan empat tahun pendidikan hanya untuk cosplay pada hari wisuda.

Baca juga:

Lebih dari 3 Ribu Wisudawan ITS Ikuti Wisuda Drive Thru

Kostum tetap sopan dan wisuda tetap khidmat. (Foto: Universitas Seni Kota Kyoto)

"Karena itu, dia mengatakan sejak hari pertama di universitas: 'Sejak saya bisa masuk ke Unversitas Kyoto, saya ingin berdandan pada hari kelulusan saya'. Sebagai orang tua, sangat menyenangkan melihat bagaimana semua orang, baik siswa berjas atau berkostum, tampak menikmati upacara khidmat itu," kata ibu tersebut seperti dilaporkan Buzzfeed.

Tradisi itu sejatinya sempat dilarang pada 2011, meski tidak diketahui jelas apa alasan di baliknya. Namun, itu tidak bertahan lama, dan upacara kelulusan dengan cosplay menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan oleh banyak siswa. Uniknya nih, kecintaan mereka pada tradisi terlihat dari pilihan kostum mereka. (waf)

Baca juga:

Wisuda Online, Kelulusan tanpa Keriuhan

#Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan