Wisata Sore di Situ Gede Tasikmalaya Berperahu menikmati keindahan alam Situ Gede dengan latar Gunung Galunggung (Foto: Instagram/danieljohn_15)

Jika Anda sedang berada di Jawa Barat, jangan lupa mampir ke Tasikmalaya. Di kota ini terdapat telaga seluas 47 hektar, yang dapat dicapai sekitar 30 menit dari pusat kota. Danau bernama Situ Gede ini pertama kali dikembangkan pemerintah Hindia Belanda untuk mengairi ribuan hektar sawah penduduk di Kecamatan Kawalu, Mangkubumi, Indihang, dan Cibereum.

Siapkan biaya masuk (normal) Rp4.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak, serta tambahan Rp2.500 jika Anda membawa mobil atau Rp1.000 untuk motor. Berhati-hatilah terhadap pungutan liar, pastikan Anda mendapat karcis masuk.

Saat menapaki lokasi Situ Gede, Anda akan melihat pemandangan yang indah—walau di sejumlah bagian kurang terawat—dan suasana danau yang tenang. Anda bisa menikmati kesejukan dengan sekadar duduk di gazebo atau menghampar tikar yang Anda bawa untuk piknik keluarga. Anda yang suka memancing juga bisa melakukan hobi Anda tersebut di sini.

Situ Gede Tasikmalaya
Pemandangan matahari terbenam di Situ Gede Tasikmalaya (Foto: Instagram/

Cobalah datang ke tempat ini di sore hari menjelang matahari terbenam. Cahaya yang menyurut di balik Gunung Galunggung menjadikan langit lebih indah. Untuk lebih menikmatinya lagi, Anda bisa menaiki perahu keliling danau selama kurang lebih 20 menit dengan membayar Rp10.000 - Rp15.000 per orang (harga normal).

Selain mengelilingi telaga berkedalaman 1,5 hingga 6 meter ini, Anda juga bisa menyeberang ke pulau di tengah danau. Pulau seluas 1 hektar ini menjadi tujuan wisata religi dan sejarah bagi sejumlah wisatawan karena terdapat makam Eyang Prabu Adilaya (Prabudilaya) yang dikeramatkan. Menurut cerita, ia adalah Raja Muda Sumedang yang sangat gigih mencari dan mendalami ilmu, seperti kenegaraan, kanuragan atau bela diri, serta agama Islam.

situ gede tasikmalaya rakit
Perahu yang bisa Anda sewa mengelilingi danau atau pun menyeberang ke pulau tempat makam keramat Eyang Prabudilaya berada (Foto: Instagram/jesycamarlein)

Tak cukup wisata alam, religi, dan sejarah, wisata kuliner pun bisa Anda lakukan di sini. Saung-saung di pinggir situ menyediakan menu masakan ala Sunda, seperti nasi timbel, ikan bakar, lalapan, dan pencok leunca. Menu tersebut semakin lengkap ditemani es kelapa segar.

Di Situ Gede juga tersedia fasilitas lainnya, seperti outbound dan jalur untuk berolahraga lari. Sahabat MerahPutih tertarik? Silakan ajak teman dan keluarga untuk datang ke Situ Gede, Tasikmalaya, Jawa Barat di sore hari dan nikmati pesona matahari terbenam di balik Gunung Galunggung.

Lihat juga tempat wisata asri dan sejuk lainnya di sini: Perjalanan Ke Rumah Hutan, Tempat Piknik Unik Di Serang.


Asty TC

YOU MAY ALSO LIKE