Wew, TikTok Dikabarkan Akan Diakuisisi Microsoft Microsoft dikabarkan akan akuisisi TikTok (Foto: gizguide)

TIKTOK dikabarkan akan diakuisisi perusahaan Microsoft. Namun tidak seluruhnya, karena Microsoft hanya mengincar bisnis TikTok di wilayah AS yang beberapa bulan terakhir ini mendapat sorotan dari pemerintah setempat.

Seperti dilansir dari laman Reuters, Microsoft tengah dalam tahap eksplorasi kesepakatan untuk membeli TikTok. Pemerintah Amerika Serikat kabarnya ingin memaksa perusahaan induk TikTok, ByteDance, untuk memisahkan operasional di Amerika Serikat terkait soal keamanan data.

Microsoft dikabarkan tengah tahap eksplorasi untuk membeli TikTok (Foto: anadoluagency)

Baca Juga:

Berupaya Saingi TikTok, Facebook Diduga Kucurkan Dana Besar untuk Content Creator

Aplikasi TikTok sendiri dituding kurang aman dalam menyimpan data pribadi warga Amerika Serikat, bahkan dicurigai sebagai mata-mata pemerintahan Tiongkok. Bila kesepatakan itu benar terjadi, maka Microsoft akan mendapatkan amunisi besar dalam bentuk video.

Dari sisi penghasilan, Microsoft menghasilkan sebagian besar pendapatannya senilai USD 143 miliar dari lisensi software seperti Windows, Office, dan layanan cloud Azure. Selain itu Microsoft pun menyediakan layanan iklan lewat mesin pencari Bing hingga LinkedIn. Bila TikTok nantinya jadi diakuisisi, tentu akan menjadi senjata tambahan bagi Microsoft.

Penelitian biro riset eMarketer memperkirakan pendapatan iklan Microsoft dari LinkendIn senilai USD 2 miliar setahun. Namun, akibat pandemi COVID-19, para pengiklan menahan pengeluaran, dan secara langsung berdampak pada LinkedIn.

Baca Juga:

TikTok akan Pindahkan Kantor Pusat ke Inggris, Ada Apa?

TikTok akan jadi senjata baru bagi Microsoft bila nantinya berhasil di akuisisi (Foto: pixabay/nikuga)

Namun, media sosial seperti Facebook dan YouTube, justru mengalami kenaikan pengguna, lantaran semakin banyak orang memakainya di tengah lockdown, khususnya mengakses video. Kabarnya para pengiklan ramai-ramai menyerbu Facebook dan YouTube.

Pada sisi lain Microsoft kekurangan layanan bisnis hiburan sejenis TikTok, karena itu, mengakusisinya merupakan aksi paling masuk akal, untuk memperkuat Microsoft di bidang video.

Mengenai hal itu Analis keuangan Wedbush menyebut akusisi tersebut akan membuat Microsoft semakin kompetitif.

"Akuisisi yang agresif atau investasi strategis dari TikTok, akan membuat Microsoft mencoba berkompetisi dengan raksasa teknologi lain dalam bidang baru pertumbuhan" tutur Dan Inves, Analis Keuangan Wedbush. (Ryn)

Baca Juga:

Aplikasi Tik Tok Dianggap Berbahaya Bagi Militer AS? Ada Apa?

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala