Waspada Bau Mulut saat Melancong, Ini Cara Mencegahnya! Bau mulut bisa menyerang saat melancong (Foto: Pexels/Pixabay)

BERJAM-jam di pesawat. Kamu tertidur lalu terbangun. Berulang-ulang begitu. Sampai di tujuan saat hendak berbicara dengan seseorang tiba-tiba saja wajah orang tersebut mengkerut. Rupanya orang itu enggak nyaman dengan bau mulut kamu. Ya, masalah bau mulut kerap terjadi saat kamu tengah melancong.

Mungkin kamu enggak sadar. Penyebab bau mulut itu terjadi karena ulah kamu sendiri. Selama perjalanan kamu melewatkan beberapa hal yang bisa mencegah bau mulut. Lalu apa saja sih penyebab bau mulut saat melancong? Berikut penjelasannya yang dikutip dari laman Smarter Travel.

1. Dehidrasi

Minumlah air putih (Foto: Pexels/Mauricio Mascaro)

Jangan malas minum saat melancong. Karena kalau kamu dehidrasi kamu bisa kehabisan air liur. Kamu membutuhkan air liur untuk menghilangkan bakteri yang menumpuk di gusi yang menyebabkan bau. Kamu bisa juga mengunyah permen karet untuk tetap menghasilkan air liur di dalam mulut.

"Air liur diperlukan untuk melembabkan mulut, menetralkan asam yang dihasilkan oleh plak, dan membersihkan sel-sel mati yang menumpuk di lidah, gusi, dan pipi," jelas WebMD. Yang harus kamu minum juga air putih, jangan kopi atau minuman kemasan yang tetap membuat dehidrasi.

2. Melewatkan camilan

Kamu perlu mengunyah untuk menghasilkan air liur (Foto: Pexels/icon0.com)

Camilan memang bisa bikin kau gemuk, tapi jangan enggak ngemil juga kalau melancong. Durasi waktu perjalanan yang begitu lama juga membuat mulut kamu kering. Bakteri busuk pun akan tumbuh ketika mulut kamu kering.

Mengunyah makanan menghasilkan banyak air liur di mulut. Kamu bisa membawa camilan ringan seperti kripik atau biskuit. Atau kalau ingin camilan sehat sebatang granola kemasan bisa kamu konsumsi.

3. Enggak menyikat gigi

Bisa menggunakan sikat gigi sekali pakai kalau repot (Foto: Pexels/Pixabay)

'Obat' pencegah bau mulut terbaik ialah dengan memiliki mulut yang bersih. Caranya ialah dengan menyikat gigi. Apa bisa menyikat gigi di perjalanan? Jawabannya tentu bisa. Kamu bisa menggunakan sikat gigi sekali pakai yang enggak perlu dibilas setelah menggunakannya.

Enggak masalah juga kalau kamu tetap ingin memakai sikat gigi biasa. Tapi perlu diingat, jangan membilas sikat gigi dengan air di toilet umum, terutama di toilet pesawat. Lebih baik membilasnya dengan air dari botol minum kemasan.

4. Salah makan

Minum teh hijau sangat bagus setelah mengonsumsi makanan penyebab bau mulut (Foto: Pexels/Pixabay)

Ada beberapa makanan yang menyebabkan bau mulut. Contohnya ikan dan makanan mengandung bawang putih/merah. Minuman seperti kopi juga bisa menyebabkan bau mulut karena membuat dehidrasi. Tapi bukan berarti kamu harus menghindari makanan penyebab bau mulut tadi.

Solusinya ialah mengonsumsi buah dan sayuran seperti apel, pir, seledri, atau wortel, yang semuanya merangsang produksi air liur untuk membasmi bakteri bau setelah makan. Menurut Everyday Health, Teh hijau ialah pilihan lain yang baik, berkat bahan antioksidannya.

Bagaimana sahabat Merah Putih, jangan bau mulut lagi ya saat melancong? (ikh)

Baca juga: Tips Ciamik Para Travelers, Begini Cara Aman Membawa Uang Tunai Saat Melancong!

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo