Tips Ciamik Para Travelers, Begini Cara Aman Membawa Uang Tunai Saat Melancong! Uang tunai sangat penting (Foto: Pixabay/EmAji)

MESKIPUN kamu cukup membawa kartu debit, uang tunai tetap diperlukan saat melancong. Masalahnya enggak semua destinasi wisatamu menyediakan pembayaran menggunakan kartu debit. Apalagi ada beberapa daerah tak terjangkau mesin ATM. Tentu mempersiapkan uang tunai wajib banget kamu lakukan saat melancong.

Namun, membawa uang tunai bukan berarti hanya menyimpannya di dalam dompet. Kalau kamu cuma mengandalkan dompet, keamanan uang kamu enggak akan terjamin. Untuk itu, kamu harus pintar membawa uang tunai saat melancong. Berikut tips yang diberikan laman Smarter Travel ini agar kamu tetap aman.

1. Dipisah

Jangan cuma simpan uang di dompet (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Jangan pernah satukan uang kamu di dalam dompet. Kamu bisa membaginya seperti di tas, kantung celana, dan kantung baju. Enggak ada salahnya juga menitipkan beberapa lembar uang kamu kepada siapapun yang melancong bersama kamu, entah anggota keluarga atau teman. Pencuri hanya membutuhkan satu kali kesempatan untuk meludeskan semua keuangan kamu jika hanya disimpan di dalam dompet.

2. Simpan uang-uang kecil di tempat yang gampang diraih

Uang kecil berguna untuk belanja ke warung kecil (Foto: Pexels/Pixabay)

Uang-uang kecil ini berguna banget. Apalagi koin. Terkadang kamu harus melakukan transaksi di warung-warung kecil untuk sekadar membeli makanan ringan. Uang receh juga berguna jika penjual enggak memiliki uang kembali. Simpan uang receh di tempat mudah diraih. Seperti di kantung celana. Bagi pria yang sering membawa tas slempang, simpan uang kecil di bagian kantong tas paling kecil.

3. Pakai dompet palsu

Simpan dompet palsu di kantung celana belakang (Foto: Pixabay/stevepb)

Untuk jaga-jaga saja. Siapa tahu kamu memang niat banget mengamankan uang tunai. Terlebih kalau kamu melancong ke tempat rawan copet. Dompet palsu sangat berfungsi untuk mengelabui para copet. Isi saja dompet palsu itu dengan kartu-kartu yang enggak kamu pakai. Kemudian simpan dompet palsu kamu di tempat yang gampang terlihat orang lain seperti di kantung celana belakang. Jika kamu kena copet, yang hilang bukan dompet asli kamu berisi duit dan barang berharga lainnya.

4. Beli dompet khusus melancong

Enggak ada salahnya punya dompet khusus melancong (Foto: Pexels/Lukas)

Enggak perlu dibawa deh kartu nama klien, member card gym, atau member card pasar swalayan saat melancong. Kamu sama sekali enggak akan menggunakan kartu-kartu tersebut di tempat wisata. Tapi kamu juga enggak perlu repot-repot memindahkan kartu-kartu tersebut. Caranya, kamu bisa memiliki dompet khusus untuk melancong. Cukup bawa uang tunai, satu kartu debit, kartu tanda pengenal, dan kartu SIM di dompet khusus melancong tersebut.

Yuk sahabat Merah Putih, lebih pintar lagi membawa uang tunai saat melancong. (ikh)

Baca juga: Ketahui Deh, Kesehatanmu Bisa Terganggu saat Penerbangan

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH