Warna-Warni di Perayaan Natal Ternyata Punya Makna Tersendiri Perayaan Natal identik dengan beberapa warna. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

NUANSA dan suasana Natal biasanya berlangsung sepanjang Desember. Umat Kristiani menyambut hari Natal dengan sukacita. Banyak yang harus disiapkan sebelum menyambut hari besar ini salah satunya membersihkan seluruh rumah dan memasang dekorasi natal di setiap sudut ruangan. Pohon Natal pun berdiri tegak dan siap meriahkan pesta.

Tetapi kalau kamu perhatikan, perayaan Natal identik dengan warna merah, hijau, emas, dan putih. Sebenarnya apa sih maknanya?

Baca juga:

Dekorasi Natal Terindah ala Selebritas Dunia

Melansir laman whychristmas.com, warna-warna tersebut memang sudah menjadi tradisi dalam perayaan Natal. Biasanya orang pun akan menggunakan baju dengan warna-warna demikian. Selain cerah, warna-warna tersebut juga mampu menghangatkan suasana Natal. Simak ulasan menarik berikut ini.

1. Merah

Warna-Warni saat Perayaan Natal Ternyata Punya Makna Tersendiri
Warna merah bermakna semangat. (Foto: Pixabay/Capri23auto)

Sama seperti maknanya secara umum, merah dalam perayaan natal berarti semangat dan gairah. Diharapkan Natal selalu membawa semangat bagi setiap orang yang merayakan.

Warna merah juga melambangkan Darah Yesus yang dikorbankan ketika Ia disalibkan. Merah juga berarti simbol cinta tak bersyarat dari Tuhan yang Maha Esa.

2. Hijau

Warna-Warni saat Perayaan Natal Ternyata Punya Makna Tersendiri
Warna hijau melambangkan pengharapan baru. (Foto: Pixabay/Pezibear)

Hijau memiliki makna kehidupan. Seperti pohon yang mengakar dan hutan membentang luas. Hijau dalam Natal juga berarti harapan baru dalam kehidupan dan penyembuhan iman.

Pastinya harapan untuk kehidupan baru yang lebih baik juga turut dipanjatkan dalam doa. Memulai semuanya dengan hati yang bersih akan membuat hidup menjadi lebih baik lagi.

Baca juga:

5 Fakta Tradisi Natal yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

3. Emas

Warna-Warni saat Perayaan Natal Ternyata Punya Makna Tersendiri
Kemenangan dilambangkan dengan warna emas. (Foto: Pixabay/Nennieinszweidrei)

Natal merupakan perayaan lahirnya Sang Mesias ke bumi. Warna emas melambangkan kehidupan yang lebih baik dan kemenangan.

Seperti Maria yang melewati banyak rintangan dalam mengandung Yesus dan akhirnya melahirkan dengan selamat. Tidak hanya itu, warna emas juga melambangkan nuansa mewan nan elegan dalam sebuah perayaan.

4. Putih

Warna-Warni saat Perayaan Natal Ternyata Punya Makna Tersendiri
Putih suci seperti kelahiran bayi. (Foto: Pixabay/Pexels)

Bersih dan suci. Warna putih memiliki makna lahirnya Yesus ke dunia. Putih juga melambangkan pengampunan seseorang atas kesalahan yang dilakukannya selama ini. Ada harapan terang dari pertobatan. Natal dimaknai dengan kemurnian abadi. (Mar)

Baca juga:

Sukses Bikin Kue Natal, Pelajari Tekniknya



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH