'Seragam Cerdas' Bisa Melacak Siswa dengan GPS, Pasti Enggak Bisa Bolos Seragam cerdas, sebuah inovasi baru untuk dunia pendidikan (Foto: Guizhou Guanyu Technology)

UMUMNYA siswa sekolah mengenakan seragam sekolah yang menunjukkan identitas sekolah tersebut. Baru-baru ini, kabar tentang seragam sekolah super canggih jadi buah bibir.

Seragam itu dilengkapi cip mikro yang dapat melacak serta memantau keberadaan siswa bahkan saat berada di luar halaman sekolah.

Pakaian itu merupakan salah satu inovasi terbaru yang telah diterapkan di beberapa sekolah di Tiongkok. Penasaran seperti apa saja fakta-faktanya tentang 'seragam cerdas' tersebut? Berikut faktanya, seperti yang dilansir Odditycentral.


1. Dikembangkan Perusaan Guizhou Guanyu Technology

Belasan sekolah di Tiongkok telah menggunakan 'seragam cerdas' (Foto: Guizhou Guanyu Technology)

Sebanyak 11 sekolah di Provinsi Guizhou, Tiongkok, telah memperkenalkan seragam cerdas tersebut. Seragam cerdas itu memiliki dua cip mikro yang tertanam pada bantalan bahu. Cip itu memungkinan sekolah dan orangtua anak untuk memantau aktivitas anak setiap saat.


2. Menggunakan Sistem GPS

Seragam Cerdas ini menggunakan sistem GPS Canggih (Foto: Guizhou Guanyu Technology)

Seragam Cerdas ini menggunakan sistem GPS yang bisa melacak gerakan para siswa dan alarm akan memberi tahu guru dan orangtua jika siswa tersebut meninggalkan ruang kelas atau sekolah tanpa izin, bahkan ketika siswa tersebut tertidur saat jam pelajaran.

Selain itu, orangtua pun bisa memantau apa saja yang dibeli anaknya di sekolah dan menetapkan batas pengeluaran melalui aplikasi seluler.


3. Menggunakan Sistem Pengenalan Wajah

Seragam ini juga dilengkapi dengan sistem pengenalan wajah pemilik yang sah (Foto: Guizhou Guanyu Technology)

Sejak peluncuran seragam cerdas tersebut, beberapa pengguna media sosial berpendapat bahwa seragam itu sangat mudah dikelabui siswa. Cukup dengan mengganti seragam. Namun, pihak sekolah sudah mengantisipasi kemungkinan itu. Mereka membenamkan sistem pengenalan wajah yang memastikan setiap seragam dikenakan oleh pemilik yang sah. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya 3 Desainer Indonesia Akan Tampilkan Maha Karya di Hongkong Fashion Week Fall/Winter 2019

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH