Cobain deh, Sarapan Sayur Nikmat dengan Cara Ini Sayur juga lezat untuk menu sarapan. (foto: pixabay/congerdesign)

KAMU mungkin berpikir tak mungkin mengasup sayuran sebagai menu sarapan pagi. Terlebih ketika menu sarapan pagi yang umum di sekitar kamu ialah bubur ayam atau nasi uduk.

Faktanya, makan sayur untuk menu sarapan membuat perutmu tetap kenyang hingga jam makan siang. Serat yang ada dalam sayur terbukti dapat membuat perutmu terasa penuh hingga waktu makan siang tiba. Yang paling bagus, menu sayuran menjaga lingkar perut dan pinggangmu terkontrol.

BACA JUGA: Panjang Umur dengan Makanan Pedas

Bagi kamu yang kurang suka sayur, memasak sayur tidak cuma ditumis kok, ada beberapa cara lain untuk menikmatinya.


1. Buat salad sebagai menu sarapan sayur

salad
Salad juga nikmat untuk sarapan. (foto: pixabay/NHBS)

Jika tak punya banyak waktu untuk membuat sarapan, kamu bisa mengandalkan sayur dan dressing salad sebagai menu sarapan di pagi hari. Kamu cukup mempersiapkan berbagai jenis sayur untuk salad, seperti daun selada, tomat, wortel, bayam, atau timun. Tambahkan dressing salad di atasnya dan telur rebus jika kamu suka. Jangan lupa untuk mencuci sayur dengan bersih sebelumnya.


2. Ganti teh atau kopi dengan smoothie sayur

green
Tambah susu atau yogurt dalam smoothie. (foto: pixabay/evita-ochel)

Sekali-kali ganti menu minuman kamu menjadi minuman yang lebih sehat. Tukar secangkir kopi atau teh dengan smoothie sayur yang segar dan tentunya enak. Mudah kok untuk membuatnya. Kamu cukup menyediakan sayur-sayuran yang ingin kamu buat jus, kemudian tambahkan susu, yogurt, atau perasan jeruk segar dan jadilah menu sarapan yang nikmat sekaligus sehat.

BACA JUGA: Segudang Manfaat Teh Dandelion untuk Kesehatan


3. Padukan sayur dengan telur

egg
Masukkan sayur omelet. (foto: pixabay/congerdesign)

Tidak ada yang tidak cocok untuk dipadukan dengan telur. Ya, bagi pencinta telur, kamu bisa memasukkan sayur ke menu omelet. Jangan hanya tambahan daging atau sosis, tapi sempurnakan gizinya dengan menambahkan potongan berbagai sayuran, seperti bayam, jamur, wortel, hingga brokoli.


4. Pakai sayur untuk menu kesukaan

vegetables
Tambahkan sayur ke menu favorit. (foto: pixabay/jackmac34)

Sebenarnya, menu sarapan pada umumnya bisa ditambah sayur-mayur agar lebih bernutrisi dan mengenyangkan. Misalnya nasi goreng atau nasi kuning. Kamu bisa menambahkan kubis, timun, wortel, labu, atau sawi. Bahkan, bubur ayam juga akan terasa lebih nikmat kalau ditambah daun bawang dan potongan wortel.(*)

BACA JUGA: Ternyata Cium Aroma Lemon Bikin Tubuh Lebih Langsing



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH