Ulang Tahun Ke-35, Intip 5 Fakta Unik Mario Bros. Intip fakta kece dari Mario berumur 35 tahun (Foto: Game Rant)

KARAKTER permainan arcade terbitan Nintendo, Mario genap berumur 35 tahun. Gim Super Mario Bros kali pertama hadir pada 13 September 1985. Karakter memiliki aksen ala Italia tersebut telah melompat hingga triliunan kali di semua gim hingga sekarang.

Baca juga: LEGO Rilis Set Mainan Interaktif dari Game Nintendo Super Mario Bros



Mario, bersama teman-temannya, Luigi, Toad, Peach, dan kawan-kawannya memiliki segudang cerita bagi kawula gamer semua kalangan. Dilansir dari laman The Guardian, inilah lima fakta unik Mario dari game franchise Super Mario Bros.



1. Dibuat Shigeru Miyamoto

Super Mario
Diciptakan Shigeru Miyamoto pada 1977 (Foto Game Rant)

Mario pertama kali dibuat Shigeru Miyamoto pada game arkade Nintendo, Donkey Kong pada 1977. Tahun tersebut termasuk tahun keemasan game arkade.

Kesuksesan tersebut membuat Shigeru Miyamoto memisahkan dunia Mario dan Donkey Kong menjadi dua franchise game berbeda. Pada 1985, Miyamoto mulai membuat Super Mario Bros rilis di konsol pertama Nintendo Emulation System, atau juga disebut Famicom di Jepang.



2. Nama lain Mario

Mario Bros
Diberikan nama lain Jumpman oleh Nintendo Amerika Serikat (Foto Game Rant)

Sebelum Mario melebarkan sayap ke luar Jepang, perusahaan Nintendo cabang Amerika Serikat mencoba mengubah nama Mario pada gim Super Mario Bros. Nama pertama versi Amerika terlintas pada rapat tersebut Jumpman, karena karakter Mario hanya bisa melompat dan melemparkan bola api.

Baca juga: Sederet Gim dan Perangkat untuk Merayakan 35 Tahun Super Mario Bros



Namun, kesempatan Nintendo Amerika Serikat itu keburu dicegat Mario Segale, pria yang meminjamkan gudang untuk perusahaan Nintendo Amerika Serikat, dengan alasan bahwa Mario sama dengan nama depan Segale.



3. Peran antagonis

Mario Bros
Menjadi karakter antagonis di game lain (Foto Youtube Nintendo)

Mario ternyata pernah menjadi peran antagonis di franchise lain. Donkey Kong Jr. merupakan gim dirilis di Nintendo Emulation System pada tahun 1982. Mario mengurung ayah Diddy Kong, Donkey Kong.

Mario menjadi antagonis. Miyamoto membuat Mario memiliki kumis berbeda, dan memiliki binatang berbentuk buaya yang mematikan.



4. Alter ego dari Mario, Wario

Mario Bros
Wario, alter ego dari Mario (Foto CBR)

Supel nan cerianya Mario pernah dibuat berbeda kerabat Miyamoto, Hiroji Kiyotake. Dengan nama Wario, pria tersebut memiliki baju dengan aksen warna kuning, juga memiliki sifat nakal, dan sedikit mesum. Alter ego dari Mario tersebut diperkenalkan pada gim Super Mario Land 2 untuk konsol Game Boy.

Jika Mario memiliki kerabat Luigi, Wario juga memiliki kerabat yang juga alter ego dari Luigi, Waluigi.



5. Guiness Book of Records catat kesuksesan Mario

Mario Bros
Tercatat 600 juta kopi game Mario Bros. (Foto Game Rant)

Guiness Book of Records pernah mencatat franchise Mario Bros sebagai gim paling sukses dengan net worth hingga Rp531 Triliun, dan penjualan hingga 600 juta kopi sejak Super Mario Bros. (dnz)

Baca juga: Wow, Gim Langka Super Mario Bros Terjual Rp 1,6 Miliar


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH