Game

Uji Kekayaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Lewat Permainan Katla

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 15 Maret 2022
Uji Kekayaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Lewat Permainan Katla
Permainan tebak kata Bahasa Indonesia KATLA. (Foto: KATLA)

BEBERAPA waktu yang lalu tengah ramai di media sosial mengenai permainan tebak kata Bahasa Indonesia, 'KATLA'. Permainan tersebut sesungguhnya mirip dengan permainan tebak kata bahasa Inggris 'Wordle' yang telah diakuisisi dan dioperasikan oleh New York Times.

Namun KATLA adalah permainan tebak kata berbasis web yang setiap hari akan dibuat satu kata baru untuk ditebak oleh para pemain. Bila kamu pernah memainkan Wordle maka sistem permainan KATLA ini sangat mirip di mana pemain harus menebak satu kata berisi lima huruf.

Baca Juga:

6 Permainan Tradisional Era 90-an yang Mulai 'Tenggelam Ditelan Zaman'

gim
KATLA permainan tebak kata Bahasa Indonesia. (Foto: promediateknologi)

Pemain hanya akan disediakan enam baris kata yang berarti enam kali kesempatan untuk mencoba menebak kata apa yang benar. Dalam setiap baris akan ada lima kotak yang harus diisi dengan satu huruf di setiap kota hingga membentuk satu kata yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Saat mengajukan jawaban, bila posisi huruf sudah tepat maka pada kotak tersebut akan diberikan warna hijau, bila bila berwarna kuning berarti huruf tersebut merupakan penyusun jawaban namun posisinya belum tepat. Sementara bila berwarna abu-abu maka huruf tersebut salah.

KATLA dibuat terintegrasi dengan KBBI sehingga setiap kata yang ditebak harus memiliki makna yang sesuai. Agak sedikit berbeda dengan Wordle, KATLA memberikan makna dari setiap kata yang menjadi jawaban untuk soal hari itu.

Baca Juga:

Cara Menang Permainan Tebak Kata Wordle

KATLA #54. (Foto: MP/Andrew)

Bila kamu ingin memainkan permainan tebak kata Bahasa Indonesia, KATLA, ini maka dapat mengunjungi situsnya di www.katla.vercel.app. Situs tersebut dapat dikunjungi baik melalui browser di ponsel, laptop, tablet, dan lain-lain.

Namun satu perangkat hanya mendapatkan satu kesempatan bermain saja, bila kamu gagal dan salah menebak maka kamu harus menunggu hingga keesokan harinya. Namun bila berhasil kamu akan diminta untuk tidak membocorkan jawaban KATLA pada hari tersebut.

Hingga kini KATLA telah berjalan selama 54 hari yang artinya telah ada 54 jawaban KATLA. Kamu bisa mulai memainkannya sekarang atau menunggu hingga pukul 00.00 WIB dini hari untuk menunggu soal KATLA yang terbaru. (WAF)

Baca Juga:

Diakuisisi New York Times, Wordle Tambah Susah?

#Game #Gamers #Gaming
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan