Turis Terminal, Benarkah Kini Tren Bandara Jadi Tujuan Wisata? Belakangan ini beberapa bandara membuka diri untuk sesuatu yang disebut "turis terminal". (Foto: Pixabay/Pexels)

DI bandara, seseorang datang dan pergi. Selamat datang dan selamat tinggal akan jadi nostalgia. Namun kini ada perubahan yang berbeda bagaimana bandara bisa membuat orang lebih berkesan terutama bagi para pelancong.

Dikutip Big 7 Travel, belakangan ini beberapa bandara membuka diri untuk sesuatu yang disebut 'turis terminal', yang memungkinkan orang yang tidak sedang travelling menikmati segala hal tentang bandara, tanpa bepergian.

Baca Juga:

Bali Terpilih Jadi Pulau Ketiga Terbaik di Dunia

1. Terminal Tourism

Bandara Pittsburgh pertama memperkenalkan terminal tourim. (Foto: Pixabay/eak_kkk)
Bandara Pittsburgh pertama memperkenalkan terminal tourim. (Foto: Pixabay/eak_kkk)

Bandara Internasional Pittsburgh adalah yang pertama meluncurkan program baru ini. Chuck Hughey mengatakan kepada Bloomberg bahwa ia membawa cucunya yang kecil, Cleo ke terminal untuk naik eskalator, beli beberapa donat, dan menonton pesawat datang dan pergi.

Bandara Internasional Pittsburgh terletak sekitar 30 kilomter sebelah barat pusat kota Pittsburgh, Pennsylvania, AS. Bandara ini terbesar ke-2 di Pennsylvania dalam hal jumlah penumpang dan ke-45 di Amerika Serikat.

Bandara Pittsburgh masuk dalam peringkat 10 bandara domestik terbaik versi Majalah Travel + Leisure untuk tahun 2019 . Masuk peringkat ketujuh, para pengunjung mengagumi desain interior bandara terutama jendela lengkungnya.

Sementara itu, seorang pembaca majalah itu mengatakan, "Kamu dapat merasakan suasana kota ketika kamu berada di Bandara Internasional Pittsburgh," dikutip pittsburgh.cbslocal.com.


2. Bandara-bandara lain mulai mengikuti

Saat ini banyak bandara mulai melirik konsep wisata bandara. (Foto: Pixabay/PhotoMIX-Company)
Saat ini banyak bandara mulai melirik konsep wisata bandara. (Foto: Pixabay/PhotoMIX-Company)

Sekarang, Bandara Tampa di Negara Bagian Florida Amerika Serikat dan dan Seattle-Tacoma, Washington, AS mengikutinya. Dan bandara yang lain juga merencanakan hal yang sama. Mengapa tidak, kan? Bandara memiliki pameran seni, museum, tempat pembuatan bir kecil, taman bermain, bar anggur, dan restoran mewah?

Sama seperti Bandara Pittsburgh, Bandara Tampa juga terpilih dalam 10 bandara domestik terbaik versi Travel + Leisure, pada tahun 2018. Bandara ini nangkring di posisi kelima. Dalam survei ini, pembaca majalah travel itu menilai bandara berdasarkan belanja, restoran, desain, akses, keamanan, dan check-in.

"Biasanya peringkat kami dalam daftar semacam ini di lima besar, sering di tiga besar," kata Emily Nipps, manajer komunikasi senior Bandara Internasional Tampa, dilansir bizjournals.com. "Kami benar-benar menjadi favorit pelanggan, sejak kami dibuka pada tahun 1971."

Ketika pertama kali dibuka, Bandara Tampa menjadi yang pertama di dunia yang memiliki sistem antar-jemput yang beroperasi antara terminal utama dan terminal udara.

Sementara Bandara Seattle-Tacoma, saat ini menjadi perbincangan dengan proyek ambisius mereka senilai $658 juta (Rp9,1 triliun) untuk modernisasi bandara. Saat ini sudah menyelesaikan tahap pertama dan direncanakan rampung semua pada 2021.

“Kami sekarang menuju masa depan dengan fasilitas menakjubkan yang meningkatkan pengalaman penumpang dengan lebih banyak ruang, cahaya, dan layanan," kata Stephanie Bowman, presiden Komisi Pelabuhan Seattle, dikutip transportationtodaynews.com.

Proyek besar Bandara Seattle-Tacoma membawa peluang ekonomi dalam konstruksi, bisnis kuliner dan ritel bandara, termasuk pengusaha kecil dan lokal.

Baca Juga:

Berencana Melancong ke Singapura? Wajib Baca 7 Peraturan Ini

3. Bandara tak lagi eksklusif

Bandara tak lagi ekslusif karena adanya turis terminal. (Foto: Pixabay/Kanenori)
Bandara tak lagi ekslusif karena adanya turis terminal. (Foto: Pixabay/Kanenori)

Mengapa tempat ini, bandara, terlalu eksklusif bagi mereka yang sedang bepergian ke tempat lain? Tentu saja, turis terminal harus memiliki pemeriksaan Transportation Security Administration (TSA), seperti semua pelancong agar keamanan bandara tetap jadi prioritas.

Beberapa anggota kru turis terminal Pittsburgh menggunakan kartu pass mereka setiap hari, berjalan menuju bandara untuk berbelanja, makan, dan berkomunikasi dengan wisatawan lain.

Baca Juga:

5 Pulau Pribadi Tempat Orang-Orang Kaya Liburan, Dua Ada di Indonesia


4. Antara setuju dan tidak

Tidak semua bandara memiliki kapasitas untuk melayani turis terminal. (Foto: Pixabay/12019)
Tidak semua bandara memiliki kapasitas untuk melayani turis terminal. (Foto: Pixabay/12019)

Tentu saja, tidak semua bandara memiliki kapasitas ekstra untuk melayani turis terminal. Bayangkan kamu berdiri dalam sebuah antrean, sementara kamu melihat ada pria di depan kamu hanya untuk "nongkrong", sementara kamu harus mengejar penerbangan?

Tapi tentu saja, di lain kasus, berdiri di samping anggota keluarga atau orang yang kamu cintai saat mereka memulai perjalanan bisa menjadi pengalaman romantis yang kita semua tunggu.

Mungkin terminal pariwisata memiliki tempat bagi sebagian dari kita. Bagi kita yang tidak dapat selalu bepergian sepanjang waktu. (*)

Baca Juga:

Tips Atur Jadwal Tidur si Kecil saat Travelling

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH