TuneCore Kenalkan Pembayaran Split Royalti untuk Para Musisi

Febrian AdiFebrian Adi - Minggu, 19 Maret 2023
TuneCore Kenalkan Pembayaran Split Royalti untuk Para Musisi
TuneCore hadirkan cara baru pembagian royalti secara adil. (TuneCore)

DISTRIBUTOR musik digital terkemuka untuk artis yang rilis mandiri, TuneCore meluncurkan sebuah program bernama Split Royalti. Langkah yang melayani komunitas artis yang rilis mandiri dengan lebih baik dan memfasilitasi kolaborasi yang mulus antara pencipta musik.

“Dengan menawarkan split, musisi di TuneCore sekarang bisa menghabiskan lebih sedikit waktu menjadi akuntan dan memiliki lebih banyak waktu membuat musik yang bagus,” ungkap CEO TuneCore Andreea Gleeson dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Jumat (17/3).

Baca Juga:

Kithlabo Berikan Dukungan Kepada Musisi Independen ke Tingkat Baru

Artis TuneCore sekarang dapat membagi pembayaran royalti dari pendapatan streaming & download mereka antara semua kolaborator di lagu atau album apa pun. Semua artis TuneCore dengan paket rilis TANPA BATAS berbayar secara otomatis memenuhi syarat untuk menggunakan split royalti.

Sementara mereka yang menggunakan paket Artis Baru gratis dari TuneCore dapat mengakses split hanya dengan USD 7,99 (sekitar Rp122 ribu) per tahun melalui add-on Splits Collaborator,semuanya tanpa komisi royalty yang dibayarkan ke TuneCore dari pendapatan streaming dan download mereka.

“Tujuan kami di TuneCore adalah membuat hidup artis kami lebih mudah sehingga mereka dapat fokus membuat musik. Selama bertahun-tahun, artis yang rilis mandiri pada semua tahapan karier mereka diminta untuk mengambil peran pendukung tambahan untuk mempertahankan upaya artistik mereka,” lanjut Andreea.

Baca Juga:

Gangga Memaknai Sebuah Rumah Lewat Single ‘Empty House’

Melalui split, TuneCore juga menawarkan kepada kreator yang sensitif terhadap harga sarana untuk memfasilitasi kolaborasi. Ini memungkinkan mereka menawarkan kepada artis sekunder bagian dari pendapatan streaming dan download daripada membayar biaya di muka, mengurangi hambatan keuangan di depan yang dapat menghambat kolaborasi.

Setelah split didaftarkan untuk lagu atau album, TuneCore akan memberikan pembayaran otomatis kepada kolaborator serta visibilitas penuh ke detail pembayaran. Artis akan dapat menjalankan fungsi seperti meng-edit bagian mereka kapan saja, menambah atau menghapus kolaborator, dan memperbarui persentase. Sehingga dapat mengangkat beban penanganan akuntansi untuk semua kolaborator di lagu tertentu dan memungkinkan artis untuk lebih fokus bekerja sama, menciptakan seni dan mengekspresikan diri mereka melalui musik. (far)

Baca Juga:

Sal Priadi Sajikan Kisah Pilu dalam Video Musik 'Mesra-mesraannya Kecil-kecilan Dulu'

#Musik #Teknologi #Finansial
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan