Traveling Bermanfaat Bagi Kesehatan mental Liburan memberikan energi positif bagi kesehatan mental. .(Foto: Pexels/Marina Sirazetdinova)

BANYAK manfaat yang bisa didapat dengan traveling. Seperti keluar dari zona nyaman dan menjelajahitempat baru.

Laman lonely planet menyebutkan kegiatan ini memberikan dampak yang sangat positif untuk kesehatan emosional kamu. Berikut ini cara berpergian yang baik untuk kesehatan mental.


Baca Juga:

Tips Simpel untuk Liburan Bebas Maag


Membantu tetap sehat dan bugar

libur
Kesehatan fisik pada masa liburan memberikan manfaat kebugaran pada tubuh. (Foto: Unsplash/Iswanto Arif)

Kegiatan fisik dianggap bisa meningkatkan kesejahteraan mental. Berplesiran membuat kamu menjadi lebih aktif. Entah berjalan di trotoar keliling kota, berenang di laut, mengenal tempat-tempat baru. Menikmati alam bebas, kamu dapat meningkatkan energi dan suasana hati.

Membuang siklus negatif

libur
Siklus negatif dapat terputus ketika berlibur. (Foto: Pexels/Helena Lopes)

Beristirahat dari rutinitas harian yang membosankan. Pilihannya bisa bepergian ke luar negeri atau menjelajahi destinasi dalam negeri.Ini bisa membantu memutus siklus negatif.


Menikmati hal baru

libur
Menikmati kebiasaan lokal yang memberikan teman baru. (Foto: Pixabay/carlaborella)


Melihat berbagai budaya baru dapat membuka mata tentang cara hidup baru. Kamu bisa mempelajari resep masak baru atau mencoba menghabiskan waktu luang dengan cara yang berbeda. Ini dapat memberi efek besar pada kesejahteraan. Traveling dapat memberikan kamu inspirasi untuk melakukan perubahan positif.


Meningkatkan kreativitas

libur
Meningkatkan neuroplasitas otak. (Foto: Unsplash/Emma Dau)

Terbukti secara ilmiah, pengalaman baru meningkatkan neuroplastisitas otak untuk meningkatkan kreativitas.. Kamu bisa merasakannya dengan mencoba melarutkan diri dengan belajar kebudayaan yang berbeda.

Baca Juga:

Ketika Gempa Terjadi di Tempat Berlibur, Lakukan Ini


Waktu untuk diri

libur
Banyak senyum selama melancong memberikan rasa nyaman dalam diri. (Foto: Unsplash/Larm Rmah)

Disaat sedih, gampang untuk merasa bersalah dan terbuang. Traveling bisa menjadi solusi jitu untuk mengembalikan rasa percaya diri dan memanjakan diri sendiri.


Menurunkan tingkat stres

libur
Menikmati matahari selama liburan dapat membuat suasana hati senang. (Foto: Unsplash/Annie Spratt)

Sinar matahari memberi dosis vitamin D untuk meningkatkan suasana hati dan melepasa serotonin di otak, yang disebut hormon bahagia. Lupakan stres kerja dan rutinitas harian dengan tidur siang, berjalan santai dan membuat jadwal. Itu dapat membuat kesehatan mental kamu membaik. Menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai dapat menambah perasaan senang. Sementara perjalanan solo dapat menyegarkan kembali rasa kebebasan kamu.

Meningkatkan kepercayaan diri

libur
Tantangan yang dianggap memberikan pembelajaran dalam rutinitasnya. (Foto: Pexels/Pixabay)

Hal yang menantang, seperti tersesat, masalah perbedaan bahasa atau culture shock bisa terjadi saat traveling. Tantangan ini dapat berguna untuk mengurangi rasa cemas atau sedih. Menurut Claire dan Laura dari Twins that Travel, telah menemukan bahwa berurusan dengan stres disaat traveling membantu memberikan pengetahuan mengatasi kesulitan dalam kehidupan sehari-hari. (lgi)


Baca Juga:

Yuk, Lihat Ada Apa di Australia, Destinasi Wisata Menarik di 2020

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH