Tips Terhindar dari Penipuan Jual-Beli Daring Tiket Konser

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Selasa, 18 Oktober 2022
Tips Terhindar dari Penipuan Jual-Beli Daring Tiket Konser
Ada sejumlah tips yang bisa kamu perhatikan dalam membeli tiket konser dari orang lain secara daring. (Foto: Pexels/Mikhail Nilov)

TAHUN 2022 sudah mau tergelincir, tapi konser musik enggak pernah berakhir. Malah konser musik dalam Oktober ini silih berganti meramaikan Indonesia. Penjualan tiketnya pun marak dan didominasi secara daring. Cara ini bikin orang bisa membeli tiket konser penyanyi favoritnya dimana pun dan kapan pun. Sayangnya, kemudahan ini sering kali disalahgunakan untuk berbuat kriminal dan culas.

Ketika masa penjualan resmi dibuka, banyak orang berebutan untuk langsung membeli tiket konser dalam jumlah yang berbeda-beda. Tak sedikit pula, orang memborong tiket hanya untuk dijual kembali. Akibatnya, banyak penggemar yang tidak berhasil membeli tiket penyanyi atau artis kesayangan mereka.

Salah satu solusi yang banyak diambil orang agar tetap bisa memeroleh tiket konser ini adalah membeli dari calo atau orang asing secara daring. Misalnya lewat media sosial atau platform daring lainnya.

Terlepas dari solusi ini, banyak orang tak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi. Sebab, mereka tahu biasanya seorang penggemar rela mengeluarkan banyak uang untuk menemui artis idolanya. Potensi penipuan pun meningkat.

Nah, mengacu pada laman The Electric Hawk, ada sejumlah tips yang bisa kamu coba jika ingin membeli tiket dari seseorang secara daring.

Baca juga:

Awas Copet di Kerumunan Penonton Konser

penipuan tiket konser
Usahakan untuk melakukan transaksi melalui platform yang terpercaya. (Foto: Pexels/Anete Lusina)


1. Transaksi Lewat Cara yang Aman


Sebenarnya, tak ada cara yang benar-benar aman dalam melakukan transaksi daring karena kamu tidak bisa melihat sosok penjual secara langsung. Namun, kamu bisa meminimalisasi penipuan dengan transaksi di platform yang terjamin. Misalnya melalui bank terpercaya yang bisa membantumu jika terjadi penipuan.


2. Dapatkan Informasi Pribadi Penjual


Data pribadi memanglah sesuatu yang bersifat rahasia. Namun, itu bukan berarti kamu tak bisa mengakses akun media sosialnya. Seandainya ada penjual yang benar-benar tak punya keterangan jelas tentang identitasnya, kamu wajib berhati-hati. Sebab, paling tidak kamu harus mengetahui nomor telepon, nama lengkap, dan bahkan KTP-nya sebagai jaminan.

Sebab, jika terjadi sesuatu, kamu bisa mencari orang yang telah menipumu. Lebih dari itu, kamu boleh melakukan pengecekan nomor lebih lanjut dengan memakai aplikasi supaya lebih yakin. Akun media sosial juga penting untuk menjadi pertimbangan dalam melihat apakah penjual nampak mencurigakan.

Baca juga:

Mencegah dan Menghadapi Pelecehan Seksual saat Konser Musik

penipuan tiket konser

Jika memungkinkan, tentu lebih baik untuk melakukan transaksi tiket secara langsung di venue. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)


3. Pastikan Kebenaran Tiket


Setelah berhasil mendapatkan tiket yang diinginkan dari penjual yang kamu rasa tepat, bukan berarti kamu bisa bersantai. Sebab, kemungkinan bentuk penipuan lain masih ada.

Langkah yang harus kamu ambil adalah memastikan bahwa data tiket yang telah diberikan itu valid. Salah satu caranya bisa dengan menghubungi tim promotor untuk mengecek tentang tiket tersebut.


4. Temukan Penjual Melalui Komunitas


Tiket yang dijual oleh penggemar biasanya lebih meyakinkan. Sebab, tiket itu kemungkinan besar memang dibeli karena mereka ingin menonton, tetapi berhalangan. Maka carilah penjual tiket yang tergabung dalam komunitas penggemar yang sama. Hindari membeli tiket dari orang asing yang bukan penggemar dan tiba-tiba menjual tiket konser.


5. Lakukan Transaksi Langsung


Di antara semua cara, melakukan transaksi secara langsung adalah cara yang paling aman. Kamu bisa bertemu sosok penjual langsung, mendapatkan tiketnya secara fisik, dan memastikan apakah tiket tersebut valid serta bisa masuk venue. Nah, jika memungkinkan, ajak penjual pilihanmu untuk bertemu langsung di lokasi konser dan melakukan transaksi di sana. (mcl)

Baca juga:

Pernak-pernik Berisik Musik

#Oktober Warga +62 Berisik Musik
Bagikan
Bagikan