Kesehatan

Tips Menyamarkan Bekas Luka Agar Kulit Damai Berseri

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Minggu, 20 Maret 2022
Tips Menyamarkan Bekas Luka Agar Kulit Damai Berseri
Bekas luka membutuhkan perawatan khusus agar cepat hilang. (Foto: Pixabay/Shutterbug75)

BEKAS luka sering membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Apalagi jika ukuran bekas lukanya termasuk besar, warnanya sangat gelap, dan berada di area mudah dilihat orang lain. Mau pergi sama teman jadi bingung deh harus menggunakan baju apa agar bisa menutupi area bekas luka.

Beberapa jenis bekas luka ringan bisa memudar dengan sendirinya tanpa bekas sedikit pun. Namun, ada juga bekas luka membutuhkan perawatan khusus atau penanganan dari dokter kulit agar cepat samar.

Baca Juga:

Tepat Tangani Luka Bakar sesuai Tingkatannya

Bekas luka sulit ditangani bukan berarti tidak bisa hilang seutuhnya. Sebenarnya bekas luka tidak hanya membutuhkan perawatan dari luar tubuh saja seperti penggunaan lotion dan minyak khusus. Kamu juga perlu membantu proses penyembuhan jaringan kulit dari dalam dengan mengonsumsi multivitamin.

Menurut healthline.com, bekas luka masih bisa disamarkan dengan menggunakan bahan-bahan alami mudah didapatkan di rumah.

1. Vitamin E

Vitamin E dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. (Foto: Pixabay/Buntysmum)

Vitamin E digunakan untuk menjaga kelembapan kulit dan mempercepat regenerasi jaringan kulit rusak. Penggunaan vitamin E untuk perawatan bekas luka sangat dianjurkan dokter kulit.

Apalagi vitamin E bisa didapatkan dengan mudah dan harga murah. Gunakan vitamin E setiap hari dengan cara dioleskan tepat di area bekas luka. Perawatan dari luar dan dalam dengan mengoleskan vitamin E sekaligus diminum setiap hari bisa semakin mempercepat proses menyamarkan bekas luka.

2. Madu

Madu telah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan skin care. (Foto: Pixabay/PollyDot)

Sejak zaman dahulu madu menjadi bahan dasar pembuatan berbagai jenis skin care. Madu mengandung antioksidan tinggi dan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga sangat tepat digunakan untuk area kulit telah rusak. Agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya kamu mengoleskan madu di area bekas luka saat malam hari sebelum tidur. Kamu juga bisa menggunakan perban agar madu tidak menempel pada kasur.

Baca Juga:

Charcoal dapat Menyembuhkan Luka

3. Vitamin C

Penggunaan vitamin C secara rutin dapat mempercepat regenerasi jaringan kulit. (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)

Jeruk nipis dan lemon kaya akan vitamin C sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C juga sering digunakan untuk menjadi bahan utama pembuatan antiaging skin care. Vitamin C mampu memperbaiki jaringan kulit rusak akibat penuaan atau mengalami kecelakaan. Potong jeruk nipis dan lemon tipis-tipis dan gosok secara perlahan di area bekas luka. Selanjutnya, basuh dengan air dingin untuk menyegarkan kulit. Lakukan setiap hari untuk hasil maksimal pada bekas luka.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat menjaga kesehatan kulit. (Foto: Pixabay/Couleur)

Minyak zaitun dinilai jauh lebih sehat dibanding minyak lainnya. Selain lebih sehat untuk dikonsumsi, minyak zaitun juga juara dalam menjaga kesehatan kulit.

Terdapat kandungan vitamin E dan vitamin K di dalam minyak zaitun, sehingga mampu menutrisi kulit secara menyeluruh. Ditambah lagi vitamin K memang berperan untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Oleskan minyak zaitun ke area bekas luka setiap hari. Pijat perlahan agar minyak zaitun menyerap ke dalam kulit, kemudian basuh area tersebut dengan air hangat. (mar)

Baca Juga:

Cara Mencegah Luka Ketika Bercukur

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan