Kesehatan
Tepat Tangani Luka Bakar sesuai Tingkatannya cover Luka bakar ada tingkatan 1,2, dan 3 yang perlu diketahui untuk menetukan tindakan pengobatan apa yang tepat(foto: pixabay 12019)

SENIN (29/3) dini hari, terjadi kebakaran hebat di kilang minyak PT Pertamina RU Vl Balongn, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dikabarkan, sejumlah warga mengalami luka bakar dari insiden itu.

Seperti dilansir Alodokter, luka bakar merupakan kondisi rusaknya jaringan tubuh akibat suhu panas, seperti tersiram air panas, uap panas, atau minyak panas. Bahkan ada beberapa bahan kimia, radiasi, dan gas yang menyebabkan kebakaran. Tingkat luka bakar dapat ditentukan dari kondisi kerusakan jaringan yang diakibatkan suhu yang panas.

BACA JUGA:

Ledakan Kilang Minyak, Ribuan Warga Desa Balongan Mengungsi

Perlu konsultasi dokter untuk menentukan tingkatan luka bakar yang dialami, sehingga penanganan yang tepat harus segera dilakukan untuk mengatisipasi hal yang tidak diinginkan. Tujuannya, agar dokter dapat menentukan pengobatan apa yang harus dilakukan berdasarkan tingkat luka yang dialami.

Perlu dipahami bagaimana kita dapat menentukan tingkatan luka bakar dan gejala yang dirasakan. Tingkat luka bakar dapat diklasifikasi menjadi 3 tingkatan, yaitu tingkat 1,2, dan 3. Setiap tingkatan memiliki kondisi luka bakar yang berbeda-beda berdasarkan tingkat keparahan dan kerusakan yang dialami pada kulit. Berikut tingkatan luka bakar yang perlu kamu ketahui.

luka bakar
Kondisi tingkatan luka bakar yang perlu diketahu untuk menentukan pengobatan yang akan dilakukan (foto instagram @perawat_daily)

1. Luka Bakar Tingkat 1 (Superficial Burn)

Tingkat luka bakar 1 biasanya hanya mempengaruhi epidermis atau lapisan kulit luar saja, secara klinis, tanda dari luka bakar tingkat ini berupa kulit yang tampak memerah, terlihat kering, dan terasa sakit atau perih. Contohnya seperti luka bakar yang disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung. Pada luka bakar tingkat 1 tidak terlalu mengkhawatirkan dan bisa diobati dan akan sembuh dengan sendirinya.

2. Luka Bakar Tingkat 2 (Superficial Partial-Thickness Burn)

Tingkat luka bakar 2 dapat dikatakan dengan luka bakar sedang, luka bakar tingkat ini terjadi pada epidermis dan sebagaian lapisan dermis kulit atau lapisan kulit yang lebih dalam dari epidermis. Ketika mengalami luka bakar tingkat 2, terlihat kulit akan memerah, terjadi lecet, melepuh, kemudian bengkak berair, dan terasa sakit dan lebih perih dari pada tingkat 1. Luka bakar tingkat 2 bisa ditangani sendiri dengan beberapa metode pengobatan tanpa menjalani operasi.

3. Luka Bakar Tingkat 3 (Full Thickness Burn)

Pada luka bakar tingkat 3, terjadi kerusakan pada jaringan seluruh epidermis dan dermis, atau lebih dalam lagi dari pada luka bakar tingkat 2, secara klinis, tampak kulit akan terlihat putih dan cenderung kasar, namun juga bisa terlihat hangus dan mati rasa. Pada tingkat ini, menjalani operasi atau operasi bedah menjadi pilihan utama untuk menangani luka bakar tingkat ini untuk Luka bakar dengan tingkatan 1 dan 2 dapat ditangani dengan salep luka bakar yang mengandung bahan alami, seperti lidah buaya atau daun binahong, salep antibiotik, dan obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol, obat tersebut dapat dibeli di apotek dan Jika tidak kunjung membaik, luka bakar yang dialami perlu diperiksa dan diobati oleh dokter.

luka bakar
Luka bakar tingkat 3 harus segera ditangani dengan cara operasi, jangan sesekali diobati sendiri dengan obat rumahan (foto pexels Vidal Balielo Jr.)

Agar luka bakar tingkat 1 dan 2 yang dialami tidak semakin parah, pastikan tidak mengobati luka bakar dengan pasta gigi, mentega, atau telur. Hindari juga menempelkan kapas atau tisu pada luka bakar, ini karena serat kecil kapas bisa menempel pada luka dan dapat meningkatkan risiko infeksi pada kulit.

Terakhir untuk luka bakat tingkat 3, jangan sekali-sekali melakukan pengobatan rumahan. Jika mengalami luka bakar tingkat berat, segeralah pergi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.(rzk)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Serial Televisi Jagoan Negeri Aing Paling Eksis Era 90-an
Hiburan & Gaya Hidup
Serial Televisi Jagoan Negeri Aing Paling Eksis Era 90-an

Berikut beberapa jagoan paling ikonik di serial televisi bagi Generasi 90. Tak hanya aksi murid Sinto Gendeng tersebut. Dari anak kecil hingga orang dewasa pun

Bersihkan Peralatan Makeup, Jauhkan Bakteri di Wajah
Fun
Bersihkan Peralatan Makeup, Jauhkan Bakteri di Wajah

Peralatan makeup harus dibersihkan minimal satu bulan sekali.

2 Lini Bisnis Ini Mudahkan UMKM Biar Makin Cuan
Fun
2 Lini Bisnis Ini Mudahkan UMKM Biar Makin Cuan

Membantu pelaku usaha memenuhi kebutuhan stok barang dagangan

Survei AS: Gen Z Kurang Tertarik Nonton TV
Fun
Survei AS: Gen Z Kurang Tertarik Nonton TV

Menurut survei tersebut, nonton TV ada di urutan kelima sebagai hiburan yang dipilih Gen Z.

Mengendalikan Kemarahan di Masa Pandemi COVID-19
Fun
Mengendalikan Kemarahan di Masa Pandemi COVID-19

Jika emosi berlebihan telanjur keluar, seseorang perlu menyampaikan permintaan maaf.

Kepercayaan pada Astrologi dan Narsisisme Tinggi
Hiburan & Gaya Hidup
Kepercayaan pada Astrologi dan Narsisisme Tinggi

Banyak yang beralih ke astrologi sebagai cara untuk mengatasi dan merasa hidup dapat dikendalikan atau setidaknya dapat diprediksi.

Air Glass Inovasi Baru dengan Teknologi Augmented Reality
Fun
Air Glass Inovasi Baru dengan Teknologi Augmented Reality

Teknologi AR bisa jadi semakin berkembang pada tahun depan.

UNDP Graduate Programme untuk Lulusan Terbaik di Indonesia
Fun
UNDP Graduate Programme untuk Lulusan Terbaik di Indonesia

Program ini menyasar para lulusan terbaik Indonesia dari seluruh perguruan tinggi.

Minat Investasi Bitcoin di Indonesia Meningkat
Fun
Minat Investasi Bitcoin di Indonesia Meningkat

Peminat investasi bitcoin di Indonesia kebanyakan generasi z dan milenial.

Kingsman 3 Mulai Produksi September 2022
ShowBiz
Kingsman 3 Mulai Produksi September 2022

Film Kingsman pertama berfokus pada Eggsy (Taron Egerton) seorang veteran agen rahasia