Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Virus Corona Ketahui cara menjaga kesehatan mental ditengah pandemi virus corona (Foto: pixabay/ornaw)

MEREBAKNYA virus corona kian mengkhawatirkan, apalagi virus yang dudah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO ini tak hanya mengancam kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental setiap individu.

Tak hanya rasa takut, tapi efek psikologis yang ditimbulkan pun bisa berdampak serius. Apalagi anjuran #Dirumahaja dan kebijakan social distancing, sedikit banyak menimbulkan jarak dengan orang-orang terdekat.

Baca Juga:

Stres dan Cemas Berlebihan Bisa Menimbulkan Penyakit? Ini Kata Dokter

Rasa takut dan kecemasan bisa berdampak negatif pada kesehatan mental (Foto: pixabay/geralt)

Menurut sebagian orang, hal ini dapat dirasakan sebagai suatu tekanan atau beban yang sangat besar. Jika tak bisa dikendalikan, tekanan itu bisa berdampak negatif pada kesehatan mental.

Adapun gangguan kesehatan mental yang terjadi saat pandemi virus corona, bisa disebabkan oleh berbagai hal. Seperti ketakutan terhadap virus corona, rasa terasing selama menjalani karantina, kesedihan dan kesepian karena jauh dari keluarga atau orang terkasih, serta kebingungan akibat informasi yang simpang siur.

Hal itu tak hanya berdampak pada seseorang yang sudah memiliki masalah kesehatan mental seperti depresi, tapi juga bisa memengaruhi orang yang sehat secara fisik dan mental.

Baca Juga:

Dianggap Tebar Informasi Sesat Soal Corona, Google Play Hapus Aplikasi Android Infowars

Gangguan kesehatan mental sendiri bisa berupa ketakutan dan keselamatan diri sendiri atau orang terdekat, perubahan pola tidur dan pola makan, sulit berkonsentrasi, penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan, memburuknya kesehatan fisik (khususnya penderita diabetes dan hipertensi), serta munculnya gangguan psikosomatis.

Kenali tips-tips menjaga kesehatan mental ditengah pandemi virus corona (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

Untuk mencegah hal itu terjadi, seperti yang dilansir dari laman alodokter, ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi virus corona.

Tips yang pertama yakni melakukan aktivitas fisik. Dalam hal ini kamu bisa melakukan berbagai olahraga ringan, seperti lari kecil atau lompat di tempat. Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh kamu akan memproduksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres, mengurangi rasa khawatir serta memperbaiki mood.

Latihan peregangan serta pernapasan pun bisa membantumu untuk menenangkan diri. Jangan lupa juga untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi, untuk meningkatkan sistem imun.

Tips yang kedua yakni mengonsumsi makanan bergizi. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung protein, lemak sehat, vitamin, karbohidrat, mineral, dan serat. Berbagai nutrisi itu bisa kamu peroleh dari nasi, sereal, buah-buahan, sayuran, daging, makanan laut, susu dan kacang-kacangan.

Karena, asupan nutrisi yang cukup tak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi juga menjaga kesehatan mental. Baik secara langsung atau tidak langsung.

Tips ketiga yakni menghentikan kebiasaan buruk. Jika kamu seorang perokok, cobalah untuk hentikan kebiasaan itu mula idari sekarang. Karena merokok bisa meningkatkan risiko kamu terinfeksi kuman penyakit, termasuk virus corona.

Lalu batasi pula konsumsi minuman beralkohol. Karena kedua kebiasaan tersebut bisa menggangu kesehatan fisik dan mental kamu. Selain itu kebiasaan buruk seperti sering begadang juga perlu dihentikan, karena jika kurang istirahat kamu akan lebih mudah mengalami kecemasan, dan mood juga akan lebih tak stabil.

Tips keempat yaitu membuat rutinitas sendiri. Selama menjalani karantina di rumah, kamu bisa melakukan hobi atau aktivitas yang kamu sukai. Seperti membaca buku, memasak atau menonton film. Karena selain meningkatkan produktivitas, kegiatan itu bisa menghilangkan rasa jenuh.

Tips yang kelima yaitu bijak dalam memilah informasi. Batasi waktu kamu menonton, mendengar atau membaca berita tentang virus corona. Baik dari media sosial, televisi, atau media cetak untuk mengurangi rasa cemas.

Kendati demikian, jangan kamu menutup diri sepenuhnya dari informasi penting. Pilihlah informasi yang kamu terima secara bijak dan kritis. Dapatkan informasi tentang virus corona hanya dari sumber yang terpercaya.

Nah itu dia gengs beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi virus corona, semoga bisa membantu yah. (Ryn)

Baca Juga:

Pria Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona?

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH