Teknologi
Tips Data Pribadi Aman di Media Sosial Jangan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang mencurigakan. (Foto: Unsplash/Clint Patterson)

TWITTER baru-baru ini mengumumkan bahwa 5,4 juta data pribadi penggunanya kemungkinan bocor setelah terjadi bug keamanan yang dimanfaatkan oleh pelaku serangan siber. Bahkan, data tersebut kabarnya sempat dijual di forum hacker senilai USD 30 ribu atau sekitar Rp 447 juta.

Menurut laporan Indonesia Digital Report 2022 yang dirilis oleh We Are Social, saat ini pengguna media sosial di Indonesia mencapai 191 juta jiwa atau setara dengan 68,9 persen dari total populasi penduduk Tanah Air.

Dari angka tersebut, 58,3 persen merupakan pengguna Twitter. Belum lagi jika ditambah dengan platform-platform media sosial besar lainnya seperti Instagram, Tiktok, dan Facebook. Hal ini menunjukkan bahwa banyak sekali masyarakat Indonesia rentan terhadap pencurian data di media sosial.

Pakar keamanan siber dan Presiden Direktur ITSEC Asia Andri Hutama Putra menegaskan bahwa isu keamanan data pribadi semakin krusial di tengah maraknya kejahatan siber yang menyasar platform-platform media sosial seperti yang terjadi kepada Twitter baru-baru ini.

Baca juga:

Peretasan Data Pribadi via Media Sosial Semakin Masif, Masyarakat Diminta Waspadai

Tips Data Pribadi Aman di Media Sosial
Ganti password secara berkala. (Foto: Unsplash/Mourizal Zativa)

"Dengan jumlah populasi penduduk digital yang sangat besar serta infrastruktur keamanan siber yang belum maksimal, maka sangat mungkin bahwa Indonesia menjadi sasaran empuk bagi pelaku-pelaku kejahatan siber untuk mencuri dan mengambil keuntungan dari data-data pribadi masyarakat," kata Andri, dalam siaran pers yang diterima Merahputih.com, Rabu (10/8).

Oleh karena itu, ITSEC Asia sebagai salah satu perusahaan layanan keamanan informasi terbesar di Asia Pasifik memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mengamankan data pribadinya.

Yang pertama, bedakan alamat email untuk media sosial dan perbankan. Masih banyak masyarakat yang menggunakan satu alamat email untuk semua kebutuhan mulai dari layanan perbankan, transaksi, media sosial, langganan, dan lainnya. Hal ini akan sangat bahaya bagi data pribadi masing-masing karena saat email tersebut diserang, semua informasi yang ada di dalamnya bisa rentan dicuri.

Maka dari itu, gunakan alamat email untuk tujuannya masing-masing, misalnya menggunakan alamat email yang berbeda antara kebutuhan transaksi dan media sosial.

Baca juga:

RUU Data Pribadi Batasi Usia Bebas Main Medsos Harus 17 Tahun

Tips Data Pribadi Aman di Media Sosial
Jangan asal menggunakan VPN. (Foto: Unsplash/Privecstasy)

Selain itu, jangan lupa juga mengganti password email dan aplikasi secara berkala agar mencegah serangan siber. Meski terkesan sederhana, mengganti password secara berkala merupakan salah satu cara paling ampuh dalam menjaga data pribadi agar tidak mudah dicuri.

Jangan secara mudah mengklik tautan yang mencurigakan. Di media sosial banyak beredar informasi-informasi yang perlu kita cek ulang kebenarannya, dan jangan sembarang tergoda oleh tautan-tautan yang sebenarnya mencurigakan. Hal ini untuk menghindari serangan phising yang meretas informasi seperti data akun dan data pribadi lainnya.

ITSEC Asia juga memeringatkan untuk berhati-hati menggunakan Virtual Private Network (VPN). Penggunaan VPN, terutama yang gratis, membuka kemungkinan data-data pribadi yang ada di dalam perangkat kita dicuri oleh penjahat siber serta infeksi malware yang dapat menyusupi VPN. Hindari login akun media sosial dan aplikasi perbankan jika menggunakan VPN.

Yang terakhir, jangan membagikan informasi-informasi penting di media sosial, seperti KTP, foto tiket, paspor, atau kode QR. Hal ini penting karena banyak cara yang dapat dilakukan oleh penjahat siber dari pencurian identitas atau informasi penting yang dimanipulasi untuk berbagai kejahatan seperti pembobolan akun dan penipuan dari identitas yang dicuri. (and)

Baca juga:

Waspada Serangan 'Phising' di Media Sosial, Begini Cara Menghindarinya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Lestarikan Bumi Dimulai dari Rumah
Fun
Lestarikan Bumi Dimulai dari Rumah

suhu permukaan Bumi diprediksi naik sebesar 2,7 derajat Celcius pada akhir abad ini.

Ngajak Main Lagi, 'Squid Game' Season 2 Segera Hadir
ShowBiz
Ngajak Main Lagi, 'Squid Game' Season 2 Segera Hadir

Beberapa wajah lama akan kembali.

Elon Musk Masuk Jajaran Dewan Direksi Twitter
Fun
Elon Musk Masuk Jajaran Dewan Direksi Twitter

Elon Musk menjadi pemilik saham terbesar Twitter.

Fakta Unik di Balik Kerja Sama Rumah Mode Indonesia dengan Film 'The King's Man'
ShowBiz
Fakta Unik di Balik Kerja Sama Rumah Mode Indonesia dengan Film 'The King's Man'

Kerjasama dengan Film The King's Man, Rumah Mode Indonesia Ini Buat Jas dalam Waktu Dua Minggu

Olah Sisa Makanan Jadi Hidangan Lezat
Fun
Olah Sisa Makanan Jadi Hidangan Lezat

Buang makanan sama saja dengan buang rezeki lho, ayo olah lagi.

Deretan Grup K-Pop Bakal Gelar Hajatan di Indonesia 2022, Siapa Saja?
Hiburan & Gaya Hidup
Deretan Grup K-Pop Bakal Gelar Hajatan di Indonesia 2022, Siapa Saja?

Beberapa grup K-pop mulai menjadwalkan konser di Indonesia tahun ini.

Gaya Rambut Keren dan Berani untuk 2022
Fashion
Studi Terbaru: Konsumsi Alkohol Tidak Sehat untuk Usia di Bawah 40 Tahun
Fun
Studi Terbaru: Konsumsi Alkohol Tidak Sehat untuk Usia di Bawah 40 Tahun

Temuan ini menggarisbawahi pentingnya rekomendasi alkohol yang disesuaikan dengan wilayah dan populasi tertentu.

Mata Lelah Karena Banyak Lihat Layar? Intip Cara Mengatasinya
Fun
Mata Lelah Karena Banyak Lihat Layar? Intip Cara Mengatasinya

Hindari penuaan dini karena keseringan di depan layar

AnkerMake M5, Printer 3D Tercepat Buatan Anker
Fun
AnkerMake M5, Printer 3D Tercepat Buatan Anker

Anker mengklaim bahwa M5 dapat memecahkan masalah paling kritis yang ada pada printer 3D selama ini.