Tips dan Trik Agar Anak Mau Melahap Menu Sehat di Meja Makan Jangan sampai anak menjadi picky eater (Foto: Unsplash/pablo merchan montes)

SALAH satu momen paling berharga sebuah keluarga adalah makan bersama di meja makan. Pada kesempatan tersebut, semua anggota keluarga bisa berbagi waktu untuk berkomunikasi dan menyantap makanan bergizi. Di samping itu, menurut pakar kesehatan, waktu yang tepat untuk memperbaiki pola makan anak adalah dengan menyajikan makanan sehat di meja makan.

Para orangtua bisa memberi contoh untuk mengkonsumsi makan sehat ketika bersama-sama duduk di meja makan. Namun hampir semua orangtua tahu, itu tidak mudah. Nah, berikut beberapa strategi menyajikan makanan lezat dan bergizi untuk anak di meja makan.

Baca juga:

Bunda Jangan Panik, Ini Tips ketika Nafsu Makan Anak Turun

Memasak Berbagai Menu Pilihan Sendiri

Tips dan Trik Agar Anak Mau Melahap Menu Sehat di Meja Makan
Makanan beragam biar anak bisa memilih (Foto: Unsplash/stefan vladimirov)

Semua orang pasti punya menu favorit. Sebaliknya, ada juga menu yang kurang disukai. Agar lebih mudah, cobalah menyajikan berbagai macam menu. Dengan begitu, semua yang duduk di meja makan memiliki pilihan untuk menyantap makanan yang disuka, termasuk anak-anak.

Siapkan Menu Sayuran

sayuran
Siapkan sepiring besar sayuran untuk makanan pembuka. (Foto: Pexels/Stokpic)

Cobalah kebiasaan baru untuk selalu menyiapkan sepiring besar sayuran untuk makanan pembuka di atas meja. Misalnya sayuran seperti wortel, kembang kol, brokoli, bayam, kangkung. Jenis-jenis sayur tersebut biasanya akan dilahap habis bila diolah dengan tepat.

Menurut Lynn Barendsen, Direktur Eksekutif Family Dinner Project di Harvard Graduate School of Education, waktu yang paling cocok untuk anak mau memakan sayuran adalah ketika orang tua masih memasak dan si anak sudah benar-benar lapar.

Baca juga:

Bekal Sehat ke Sekolah Jaga Tumbuh Kembang Anak

Hindari Berkomentar di Meja Makan

makan
Jangan berkomentar saat makan. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Setelah makanan disajikan, batasi pembahasan tentang seberapa enaknya jenis makanan lain yang tak ada di meja makan. Selain itu, jangan berkomentar tentang seberapa banyak atau sedikit makanan yang ditaruh seseorang di piring mereka.

Bahkan, kalimat yang selalu dianggap sepele seperti, “ayo makan lebih banyak lagi!” jangan sekali-sekali diucapkan ketika anak sedang menyantap makanan di meja makan. Ternyata kalimat tersebut berdampak buruk dan mendorong anak menjadi keras kepala pada gilirannya menolak makanan.

Trik lainnya adalah jangan membujuk anak untuk mau menghabiskan makanannya. Selain itu jangan menyuap atau memaksa. Profesor psikologi klinis di Harvard Medical School Anne Fishel menjelaskan, bujukan dan paksaan bisa menciptakan ketegangan di meja makan.

Hindari Penghargaan dengan Memberi Hadiah

Tips dan Trik Agar Anak Mau Melahap Menu Sehat di Meja Makan
Tak perlu janjikan hadiah jika anak mau menyantap makanannya (Foto: Unsplash/tanaphong toochinda)

Penelitian menunjukkan, anak-anak bisa bereaksi negatif ketika orang tua menekan mereka untuk makan. Bahkan ketika orangtua memberi iming-iming hadiah untuk mereka. Penting untuk diingat, jangan membubuhi dengan persyaratan apa pun agar mereka mau makan.

Gunakan Piring yang Lebih Besar

makan
Gunakan wadah yang besar sehingga porsi makanan terlihat sedikit. (Foto: Pexels/Kaboompics.com)

Trik menarik lainnya adalah gunakan piring, gelas, dan mangkuk dengan ukuran lebih besar. Menggunakan perlengkapan dengan ukuran besar akan membuat porsi makanan terlihat lebih kecil. Hal itu akan mendorong anak untuk makan lebih banyak. (lgi)

Baca juga:

Bunda, ini Alasan Soda enggak Baik untuk Anak



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH