Bekal Sehat ke Sekolah Jaga Tumbuh Kembang Anak Bekal sehat menjaga tumbuh kembang anak dari bahaya jajanan sembarangan (Foto: Pixabay/jyleen21)

SEMAKIN maraknya jajanan yang mengandung zat-zat berbahaya kian meresahkan orang tua. Untuk menghindari bahaya, orang tua perlu mengantisipasi sejak dini dengan menyiapkan bekal sehat bagi si anak. Kalau sudah terserang bakteri, nafsu makan anak akan menurun dan berdampak bagi kesehatannya.

Beragam cara praktis dan ekonomis bisa disajikan untuk melindungi kesehatan tubuh anak dari rumah. Perhatikan kandungan, penyajian hingga tampilan menu bekal anak untuk meningkatkan daya nafsu makan anak sehingga tidak jajan sembarangan.

Baca juga:

Bekal ke Sekolah Menjamin Kecukupan Gizi Anak

1. Penting konsumsi sayuran dan buah-buahan segar

Bekal Sehat ke Sekolah Jaga Tumbuh Kembang Anak
Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk membantu tumbuh kembang anak (Foto: Pixabay/Silviarita)

Buah-buahan dan sayuran merupakan bahan makanan yang mengandung ragam manfaat dan gizi yang baik bagi tumbuh kembang anak.

Dilansir dari alodokter, buah-buahan dan sayuran segar mengandung vitamin dan serat yang wajib dikonsumsi tubuh setiap harinya. Setidaknya, 120 gram sayuran dan satu porsi buah-buahan berukuran sedang.

2. Cukupi kandungan lemak

Bekal Sehat ke Sekolah Jaga Tumbuh Kembang Anak
Kandungan lemak dibutuhkan dalam bekal sehat anak (Foto: Pixabay/Ritae)

Tak hanya vitamin dan serat, alodokter juga menyebutkan tubuh memerlukan kandungan lemak untuk menjaga kebugaran dan membuat rasa kenyang sehingga tidak mengonsumsi secara berlebihan.

Baca juga:

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membawa Bekal

Kandungan lemak ini bisa kamu temukan dalam daging, kacang-kacangan, ikan salmon, ikan tongkol, susu rendah lemak, keju, minyak dan lainnya. Tetap konsumsi dalam batas wajar ya, agar anak terhindar dari obesitas.

3. Utamakan biji-bijian

Bekal Sehat ke Sekolah Jaga Tumbuh Kembang Anak
Konsumsi biji-bijian juga membantu meningkatkan energi anak (Foto: Pixabay/Tangyi178)

Biji-bijian yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh ialah sereal, roti, olahan nasi dan pasta. Pilihlah biji-bijian yang utuh, seperti beras merah ataupun roti gandum. Kandungan karbohidrat dalam biji-bijian bisa meningkatkan energi dalam tubuh.

4. Lengkapi dengan minuman bergizi

Bekal Sehat ke Sekolah Jaga Tumbuh Kembang Anak
Lengkapi susu atau jus murni untuk menambah nafsu makan anak (Foto: Pixabay/1195798)

Tubuh tak hanya membutuhkan makanan yang sehat, untuk melegakan tenggorokan dibutuhkan minuman segar dan bergizi sehingga melengkapi bekal sehat anak.

Baca juga:

Siapkan Bekal si Kecil saat Kembali ke Sekolah, Orang tua Wajib Tahu Aturannya

Umumnya, meminum air putih baik bagi tubuh. Namun, kalau bosan bisa diganti dengan susu atau jus buah murni. Menurut laman alodokter, anak hingga usia sembilan tahun setiap harinya membutuhkan tiga sampai empat gelas susu lho.

5. Ingat 4 sehat 5 sempurna

Bekal Sehat ke Sekolah Jaga Tumbuh Kembang Anak
Bekal sehat mengandung empat sehat lima sempurna (Foto: Pixabay/Stevepb)

Pastikan tumbuh kembang anak tetap terjaga dengan menerapkan empat sehat dan lima sempurna. Maka dari itu, pastikan dalam setiap bekal anak dilengkapi dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, makanan berprotein, dan olahan susu, keju atau jus murni.

Baca juga:

Bawa Bekal vs Jajan, Manakah yang Lebih Eksis?

Untuk meningkatkan nafsu makan anak, pilihlah menu-menu praktis yang mengandung gizi dan mengkreasikan tampilan yang menarik. Inilah beberapa menu bekal sehat yang dilansir dari hipwee, cocok untuk anak dengan sajian kreatif sekaligus resepnya di halaman selanjutnya.



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH