Tipikal Anak Bukber di Tongkrongan Bukber kegiatan tahunan anak tongkrongan di bulan ramadan. (foto: Instagram/@zee_mas04)

MENYUSUN agenda bukber di grup WhatsApp sudah menjadi agenda setiap tahun ketika bulan ramadan tiba. Teman-teman tongkrongan kamu pasti ada yang tipikal orang yang sangat menantikan agenda ini hingga ditunjuk bahkan mengajukan sendiri menjadi koordinator bukber.

Jika diperhatikan lagi, anak-anak tongkrongan kamu saat merencanakan bukber dan waktu bukber pasti memiliki tipikalnya masing-masing, misalnya:

Baca juga:

Ngabuburit di Pinggir Bandara, Sederhana Tapi Bahagia

1. Si Koordinator bukber

Koordinator bukber biasanya memastikan anak-anak tongkrongan ikut serta memastikan makanan dan tempat. (foto: Instagram/@amar_muchtar_al_husein)

Tipikal anak ini sudah pasti dipilih menjadi koordinator “lapangan” alias koordinator bukber. Biasanya tugas anak ini menyusun data siapa saja yang ikut acara bukber sekaligus survei lapangan atau tempat yang akan dijadikan tempat bukber.

Ditunjuk menjadi koordinator bukber sebenarnya memang sangat melelahkan. Karena harus menyiapkan ini, itu, sana, sini. Tujuannya agar acara bukber ini dapat terlaksana dengan baik. Jika tidak menemukan tempat bukber, anak ini menawarkan rumahnya. Atau, ia akan meminta izin pada salah satu teman tongkrongan agar rumahnya dijadikan tempat bukber.

2. Si talangin

Minta ditalangin tapi belum tentu bayar. (foto: pixabay/Chronomarchie)

“Pakai uang lu dulu ya, ntar gua ganti", ini merupakan kalimat favorit si talangin. Praktik “berbahaya” bagi temannya ini sering dilakukan. Praktik ini sama saja dengan ngutang dulu ke teman, setelah acara selesai biasanya baru dibayar.

Masalahnya, kemungkinan besar orang ini tidak membayar uang temannya yang menalangi itu. Kalau ditagih gak enak karena teman sendiri, kalau gak ditagih, diam seribu kata. Ujung-ujungnya apa? Ikhlaskan saja. Anggap saja bayar THR teman.

3. Si omdo

Tipikal anak omdo biasanya chat singkat di group. (Foto: pixabay/Tim_Jacob_Hauswirth)

Omdo alias omong doang biasanya cuman menjawab ajakan bukber di grup dengan 'iya', 'oke', 'sip', 'atur aja'. Masih banyak jawaban singkat yang membuat seakan-akan dia betulan ikut acara bukber, dengan alasan “bayarnya nanti ya pas hari H”, tapi ternyata hanya omdo.

Ketika hari acara bukber, biasanya bilangnya dadakan enggak bisa ikut, karena ada acara lain. Emang omdo sih intinya dia.

4. Si ghosting

Datang diundang, pulang tak ada kabar. (foto: pixabay/Anemone123)

“Loh kok ilang?” tiba-tiba hilang tanpa kabar, bagaikan angin lalu. Tipikal anak bukber ini memang diam-diam menghanyutkan diri, datang ke acara bukber terus SMP (Sudah Makan Pulang). Semua anak-anak sedang keadaan lengah karena kekenyangan, dia malah pulang tanpa memberi tahu anak-anak lain.

Baca juga:

Bangunin Sahur ala Bocil Ganggu di Negeri Aing

Mungkin dia ada acara lain, dan menyempatkan diri datang ke acara bukber. Kita memang 'ditinggal pas lagi kenyang-kenyangnya' oleh orang seperti ini.

5. Si rempong

Barang bawaannya melebihi kapasitas tas. (foto: pixabay/Free-Photos)

Barang bawaanya banyak sudah pasti kaum perempuan kalau ke acara bukber. Terkadang tas kecil yang biasa dibawa perempuan sampai tidak muat lagi kapasitasnya. Terlihat bentuk tas yang sebelumnya kurus simetris seketika menjadi obesitas karena barang bawaannya.

Bawa parfumlah, bawa bedaklah, bawa ini, bawa itu, bawa bla bla bla. Apapun itu yang dibawa dalam tas, sudah pasti untuk menunjang penampilannya. Selalu glowing terutama ketika acara bukber sama teman-teman.

6. Si 'guest star'

Waktu bukber pasti ada anak yang ditunggu-tunggu kedatangannya karena orangnya asyik dan seru. (foto: Instagram/@tianlobo)

Kehadiran si guest star amat ditunggu karena anaknya paling seru. Dalam acara bukber, pasti ada anak tipikal yang ditunggu-tunggu kehadirannya, entah itu karena wajahnya tampan, atau memang orangnya mudah akrab dengan anak-anak lain.

Kalau ngobrol sama dia itu bawaannya asyik saja. Ada saja topik yang diomongin, jadi enggak cepet bosan kalau ngobrol sama dia. Selain asyik dan seru, biasanya tipikal anak ini dapat mencairkan suasana yang tadinya kaku jadi penuh canda dan tawa, sehingga acara bukber jadi berkesan.

7. Si anak sultan

Kalau sudah ada anak tipikal si sultan, dijamin tongkrongan enggak bakal kelaparan. (foto: pixabay/stevepb)

Si anak sultan paling royal mengeluarkan uang. Biasanya mukanya kalem santai tapi tiba-tiba akan ngomong "udah kurangnya berapa, biar gua tambahin”. Kalau ada anak tipikal seperti ini di tongkrongan kamu, fix tongkrongan kamu enggak bakal kelaparan.

Apalagi menjelang puasa, terus ikut acara bukber, sudah pasti enggak bakal kekurangan dana deh. Mengeluarkan uang bergambar Soekarno-Hatta pun ia beri, asal acara lancar jaya, tidak ada kendala.

Apapun tipikal anak-anak tongkrong ketika bukber, tetapi yang paling utama menjalin silaturahmi dengan baik. Acara bukber datang satu tahun sekali, jadi maksimalkan acara bukber dan buat kenangan manis yang sulit dilupakan. (rzk)

Baca juga:

Perang Sarung, Pembuktian Kekuatan Anak Tongkrongan di Bulan Ramadan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mengenal Lebih Dekat Es Goyang, Jajanan Unik nan Lezat Negeri Aing
Fun
Mengenal Lebih Dekat Es Goyang, Jajanan Unik nan Lezat Negeri Aing

Jajanan Unik nan Lezat Negeri Aing Es Goyang memiliki cara pembuatan yang khas dan rasa yang lezat

Menepis Stigma Manja Anak Tunggal, Mereka Juga Jagoan
Fun
Menepis Stigma Manja Anak Tunggal, Mereka Juga Jagoan

Anak tunggal tidak seperti yang selama ini banyak orang kira.

Sepatu Kanvas Made In Negeri Aing Paling Diburu Sneakerhead
Hiburan & Gaya Hidup
Kontrol Asupan Gula dengan Mengatur Jadwal Makan Camilan
Fun
Kontrol Asupan Gula dengan Mengatur Jadwal Makan Camilan

Pentingnya mengontrol asupan gula serta mengatur jadwal makan camilan, karena berpengaruh bagi kesehatan tubuh

Beberapa adengan Kim Min Gwi di ‘Nevertheless’ akan Dikurangi dan Dihapus
ShowBiz
Beberapa adengan Kim Min Gwi di ‘Nevertheless’ akan Dikurangi dan Dihapus

Pada 24 Juli 2021, seorang netizen yang mengaku sebagai mantan pacar Kim Min Gwi membuat postingan di komunitas online.

Scrolling TikTok Sebelum Tidur Dapat Mempengaruhi Mimpi
Fun
Scrolling TikTok Sebelum Tidur Dapat Mempengaruhi Mimpi

Banyak yang menjadikan TikTok sebagai bagian dari hiburan malam sebelum tidur.

Billie Eilish Bocorkan 16 Lagu untuk Album Terbarunya
ShowBiz
Billie Eilish Bocorkan 16 Lagu untuk Album Terbarunya

Penggemar menanti-nantikan proyek selanjutnya dari seorang Billie Eilish.

Fitur Baru 'Among Us' Alami Keterlambatan, Ini Kata Developer Game
Fun
Fitur Baru 'Among Us' Alami Keterlambatan, Ini Kata Developer Game

Game ini dilaporkan memiliki hampir setengah miliar pemain pada November 2020.

Mengenal Leadless Pacemaker, Alat Pacu Jantung Tanpa Operasi
Fun
Mengenal Leadless Pacemaker, Alat Pacu Jantung Tanpa Operasi

Leadless Pacemaker merupakan alat pacu jantung tanpa operasi, yang berfungsi memacu jantung untuk berdenyut secara normal

Brie Larson: Sekuel 'Captain Marvel' Sedang dalam Proses Syuting
ShowBiz
Brie Larson: Sekuel 'Captain Marvel' Sedang dalam Proses Syuting

Sekuel Captain Marvel syuting di Disneyland.