hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Tingkatkan Penghasilan Bisnis Online, Begini Caranya Meningkatkan keuntungan berbisnis di toko daring (Foto: pixabay/photomix company)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

BERKEMBANGNYA bisnis online di Indonesia turut meningkatkan angka belanja konsumen. Berbisnis online juga begitu mudah. Bermodalkan jaringan internet dan gawai, kamu bisa memulai bisnis online.

Nah, kemunculnya startup dan bisnis online perorangan semakin memudahkan konsumen. Begitu praktis dan cepat. Kebanyakan bisnis pemula memanfaatkan media sosial sebagai platform berjualan seperti Instagram, Facebook dan semacamnya.

Peningkatan transaksi penjualan ini menarik banyak orang untuk membuka toko daring juga. Namun, seiring makin maraknya toko daring di media sosial otomatis juga meningkatkan persaingan bisnis. Untuk itu, berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mempertahankan keuntungan bisnis online.

Baca juga:

Media Sosial Mudahkan Pelayanan Pelanggan di Era Digital

1. Endorsement Instagram

View this post on Instagram

A post shared by karin novilda @thisisnotkarin (@awkarin) on

Untuk meningkatkan pemasaran bisnis online di media sosial, satu strategi ampuh yakni endorsement. Memasang iklan di akun influencer atau biasa dikenal endorsement selebgram. Lumrah untuk bisnis daring di Instagram. Biasanya, influencer akan memasangkan kontak manajemennya di bio profil.

Ungkapan marketwatch dalam Social Media Week pada laman Forbes membahas, endorsement influencer meningkatkan penjualan hingga 4 persen. Strategi melakukan endorsement untuk influencer bisa memengaruhi pengikutnya. Tak heran, daya beli konsumen meningkat. Terkenal dengan sebutan meracuni yang berarti terpikat.

2. Paid promote di kegiatan kampus

Tingkatkan Penghasilan Bisnis Online, Begini Caranya
Promosi berbayar melalui kegiatan kampus (Foto: Pixabay/Rawpixels)

Kini, kegiatan kampus terbuka untuk jasa promosi berbayar alias paid promote. Promosi macam ini memanfaatkan para mahasiswa kampus yang sedang mencari tambahan dana untuk kegiatan mereka. Nah, biasa para mahasiswa ini membuka penawaran untuk membantu toko bisnis online yang butuh promosi.

Jadi, kamu yang memiliki toko online bisa bekerjasama atau memanfaatkan jasa para mahasiswa itu untuk mempromosikan produkmu. Dengan biaya yang sudah disepakati, produkmu biasanya dipromosikan lewat akun media sosial banyak mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan kampus tersebut.

Selain itu, biasanya para mahasiswa juga menawarkan pilihan paket promosi lainnya. Mulai dari tawaran termurah hingga termahal. Murah mahalnya tawaran itu disesuaikan dengan jangka waktu ataupun aturan posting.

Baca juga:

Hal-Hal Berikut Seringkali Membuat Pelanggan Kesal

3. Program diskon

Tingkatkan Penghasilan Bisnis Online, Begini Caranya
Membuat promo produk saat perayaan hari tertentu (Foto: Pexels/Artem)

Untuk menarik daya beli pelanggan, berikan potongan harga pada produk tertentu. Promo produk bisa disesuaikan dengan perayaan hari tertentu seperti Hari Pelanggan Nasional, Hari Belanja Online Nasional, dan semacamnya. Lakukan perhitungan dengan baik. Upayakan tawaran menggiurkan, tetapi tak merugikan.

Tak hanya potongan harga, promo juga bisa diberikan dalam bentuk voucer belanja atau cashback. Pengembalian dana dalam bentuk poin atau bonus menarik konsumen karena dianggap lebih murah dan hemat. Promo-promo inilah yang menarik daya beli konsumen karena dibatasi waktu.

4. Buka di marketplace online

Tingkatkan Penghasilan Bisnis Online, Begini Caranya
Membuka lapak dagang di marketplace populer di Indonesia (Foto: Pexels/Rawpixels)

Kemunculan startup e-commerce memiliki kelebihan dan kekurangan. Maraknya kasus penipuan online yang membuat konsumen ragu melakukan pembelian.

Untuk mengurangi keraguan konsumen, bukalah lapak di marketplace online populer di Indonesia. Situs belanja online ini meliputi JD.ID, Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada Indonesia, Zalora dan lainnya. (dys)

Baca juga:

Tipe Keluhan Pelanggan, Tipe yang Manakah Kamu?


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5