Hal-Hal Berikut Seringkali Membuat Pelanggan Kesal Pelanggan benci dengan beberapa hal Ini (foto Pexels JopWell)

KAMU pasti pernah menjadi pernah di berbagai toko. Pastinya kamu pernah batal membeli karena menunggu terlalu lama? Memang menunggu bisa menjadi alasan utama untuk kamu tidak jadi membeli suatu produk. Terkadang pelayanan sebuah toko tidak melihat dari sudut pandang pelanggan. Hal itu sering kali membuat para calon pembeli kesal dan tidak jadi melakukan pembelian.

Tentunya untuk menjaring para kastemer ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh pihak manajemen toko. Dilansir dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang harus dihindari untuk menjaga pelanggan nyaman ketika melakukan pembelian.

Baca juga:

Bukan Berkesan, 4 Standar Pelayanan Ini Malah Bikin Pelanggan Risih

1. Tidak Didengarkan

Hal-Hal Berikut Seringkali Membuat Pelanggan Kesal
Ilustrasi: Pelanggan Sangat Suka Didengarkan (foto: Pexels/Oleg Magni)

Sebagai pelanggan, pastinya kamu ingin semua perkataan kamu di dengar dengan baik. Entah itu komplain ataupun menanyakan sebuah barang. Tentunya jika kamu sudah di dengar oleh pegawai toko, kemungkinan kamu jadi membeli sebuah produk yang kamu cari.

Begitupun sebaliknya, jika kamu tidak didengarkan atau diacuhkan, pasti kamu ingin segera pergi dari tempat tersebut dan mencari toko lain. Dari sudut pandang pebisnis, penting untuk mendengarkan kata-kata calon pelanggan. Karena penting untuk mengutamakan pelanggan, bukan diri kamu.

2. Menunggu Lama

Hal-Hal Berikut Seringkali Membuat Pelanggan Kesal
Pelanggan Sangat Benci Menunggu (foto: Pexels/The Collab)

Pastinya kamu sangat benci dengan menunggu. Entah itu adalah barang yang sangat kamu perlukan, maupun barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Menunggu terlalu lama bisa membuatmu sangat bosan di sebuah toko. Tentunya kamu akan pergi dari sana karena sudah menunggu terlalu lama.

Pastinya kamu merasa sangat senang jika diberikan pelayanan yang cepat. Begitupun semua pelanggan yang ada di Indonesia. Ingin mendapatkan sesuatu tanpa menunggu lama.

Sudah menjadi standar pelayanan suatu toko untuk memberikan pelayanan secepat mungkin kepada seluruh pelanggannya. Pada dasarnya pelanggan tidak perduli jika toko sedang ramai atau alasan lainnya.

Baca juga:

4 Tipe Pelanggan Toko Swalayan

3. Tidak Disapa

Hal-Hal Berikut Seringkali Membuat Pelanggan Kesal
Ilustrasi: Pelanggan Senang dengan Sapaan Hangat (foto: Pixabay/Victoria Borodinova)

Pelanggan di Indonesia senang jika di sapa oleh pegawai sebuah toko. Baik itu sapaan kecil seperti selamat pagi, siang, sore, maupun malam. Bahkan pelanggan menyukai perkataan terima kasih dan maaf. Para pelanggan juga akan tersenyum jika mereka mendapat sapaan hangat ketika masuk ke sebuah toko.

Hal kecil ini membuat para pelanggan ingin kembali lagi karena pelayanan yang ramah. Meskipun pelanggan terkadang hanya melihat-lihat, baik penjaga toko atau pengunjung perlu mengucapkan terima kasih.

4. Diusir secara halus

Hal-Hal Berikut Seringkali Membuat Pelanggan Kesal
Pelanggan diminta kembali esok hari karena sudah mau tutup (foto: Pixabay/Igorovsyannykov)

Biasanya ini terjadi karena pelanggan datang terlambat. Mereka datang saat toko ingin tutup. Mungkin pihak toko akan meminta kembali esok hari. Namun, hal itu sebenarnya tidak disukai oleh para pelanggan.

Dari sisi pebisnis, sebaiknya tetap layani mereka. Bagaimanapun pelanggan seperti tamu, dan tamu seharusnya diperlakukan dengan baik. Jangan mengusir mereka meskipun dengan cara yang sangat halus. Karena itu akan membuat mereka enggan untuk kembali.

5. Dibeda-bedakan

Hal-Hal Berikut Seringkali Membuat Pelanggan Kesal
Pelanggan Tidak Suka Dibeda-Bedakan (Foto: Pixabay/Gabrielle CC)

Ini sering sekali terjadi di beberapa toko pusat perbelanjaan. Biasanya para pegawai toko lebih mengutamakan pelanggan dengan pakaian bagus dan rapi. Sedangkan pelanggan yang menggunakan pakaian biasa saja sering diacuhkan.

Hal tersebut bisa membuat geram para pelanggan. Bahkan bisa mengajak temannya untuk tidak mengunjungi toko tidak ramah itu. Pelanggan Indonesia sangat senang jika mereka di setarakan dengan yang lain. (ape)

Baca juga:

Deretan Iklan Produk yang Paling Viral dan Menarik Perhatian Pelanggan



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH