Musik

Tiger Den Showcase Musisi Asia di Festival SXSW 2023

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 24 Februari 2023
Tiger Den Showcase Musisi Asia di Festival SXSW 2023
Balming Tiger mengurasi musisi yang akan tampil di showcase Tiger Den. (foto: dok Secret Signal)

FESTIVAL musik ternama dunia South By Southwest (SXSW) 2023 yang akan berlangsung di Austin, Texas, Amerika Serikat, pada 10 Maret sampai 19 Maret akan diwarnai sebuah showcase musisi Asia. Ini akan menjadi acara pertama di sejarah SXSW yang menampilkan deretan musisi dari Asia serta diaspora Asia.

SXSW merupakan sebuah konferensi dan festival tahunan yang merayakan teknologi, film dan televisi, musik, edukasi, dan kultur yang dimulai pada 1987 di Austin, Texas, Amerika Serikat. Dengan tujuan membantu insan kreatif mencapai tujuan mereka, SXSW menjadi ajang penting untuk para pekerja kreatif dari berbagai belahan dunia.

Ajang SXSW digelar lewat beragam acara, seperti talkshow, showcase musik dan komedi, penayangan film, pameran, workshop, dan berbagai acara networking.

BACA JUGA:

Tuan Tigabelas dan Yacko Siap Tampil di Dua Festival Internasional Sekaligus


Showcase Tiger Den yang akan digelar pada 15 Maret. Para penampil di showcase ini dikurasi band dan kolektif K-pop alternatif ternama Balming Tiger dan perusahaan hiburan Amerika Serikat yang didedikasikan untuk kultur Asia, Jaded. Sebanyak 19 musisi dijadwalkan tampil di dua panggung Tiger Den di Cheer Up Charlies yang bertempat di pusat Kota Austin. Rapper Tuan Tigabelas dan Yacko akan menjadi wakil Indonesia di ajang global tersebut.

tuan tigabelas & Yacko
Tuan Tigabelas dan Yacko akan mewakili Indonesia di Tiger Den. (foto: dok Secret Signal)

Balming Tiger, yang akhir tahun lalu berkolaborasi dengan RM BTS, dipastikan menjadi bintang utama gelaran Tiger Den. Selain Yacko dan Tuan Tigabelas, ada musisi pop Singapura Shye, musisi R&B Malaysia Lunadira, penyanyi pop Filipina Ena Mori, serta berbagai DJ asal Korea Selatan yang akan meramaikan Tiger Den.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagiku karena aku selalu membawa semangat harimau Sumatra di musikku. Kini musikku dapat membahana di panggung Tiger Den SXSW 2023,” kata Tuan Tigabelas dalam keterangan resmi yang diterima Merahputih.com, Jumat (24/2).

Sementara itu, Yacko menyebut kesempatan ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan. “Berbagi panggung di Indonesia saja masih terasa seru, apalagi berkolaborasi sampai ke luar negeri. Mohon doa dan dukungannya semoga persiapan kami lancar, ya teman-teman. Bismillah,” imbuh perempuan rapper yang telah aktif di skena musik Indonesia sejak 1993.

Yacko dan Tuan Tigabelas akan mengikuti jejak sejumlah musisi Indonesia yang pernah tampil di SXSW, seperti Efek Rumah Kaca, White Shoes & The Couples Company, The SIGIT, dan Shaggydog.

BACA JUGA:

Indonesia Boyong 10 Startup ke SXSW 2022

Bagi beberapa musisi di line-up Tiger Den, penampilan di AS kali ini akan jadi yang perdana. Bahkan, bagi sebagian dari mereka, Tiger Den akan menjadi momen kali pertama menginjakkan kaki di Amerika Serikat. Jaded dan Balming Tiger bangga dapat menjadi bagian dari pencapaian tersebut dan sangat gembira dapat memberikan panggung kepada musisi-musisi Asia di line-up Tiger Den dengan penonton yang berskala global.

Tiger Den merupakan evolusi dari acara individual Jaded dan Balming Tiger pada SXSW 2022. Itu menjadi acara pertama mereka di SXSW. Tahun ini, Jaded dan Balming Tiger berkolaborasi untuk mempersembahkan sebuah acara berskala lebih besar yang turut mencetak sejarah di perjalanan festival SXSW.

Tiger Den
Tiger Den akan jadi showcase musisi Asia. (foto: dok Secret Signal)

Direktur Balming Tiger San Yawn mengatakan pihaknya dan Jaded memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mempromosikan kultur anak muda Asia ke seluruh dunia. “Kami sangat senang dapat memperkenalkan banyak musisi yang sedang berkembang ini kepada audiens yang baru sambil terus membawa pesan dan energi positif kami ke Austin sekali lagi,” kata Yawn.

Senada, founder Jaded Jing Wang mengatakan mereka percaya akan dampak positif yang akan dibawa musisi-musisi Asia generasi mendatang kepada kultur pop global. “Kami berdedikasi untuk menciptakan kesempatan-kesempatan baru bagi mereka agar mereka dapat dilihat dan didengar di pasar yang sebelumnya sulit untuk ditembus mereka selama ini,” tutupnya.(dwi)

BACA JUGA:

Grrrl Gang Wakili Indonesia Bermain di Festival SXSW 2021

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan