Tidur Terlalu Lama Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan, Jangan Anggap Sepele! Tidur terlalu lama bisa berbahaya bagi kesehatan (Foto: pixabay/free-photos)

SESUATU yang dilakukan secara berlebihan, dapat menimbulkan bahaya, termasuk tidur terlalu lama. Untuk itu kamu perlu mengetahui apa saja bahaya tidur terlalu lama terhadap kesehatan.

Setiap orang tentunya memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda, tergantung pada usia, aktivitas sehari-hari, gaya hidup, serta kondisi kesehatan.

Dimana waktu tidur ideal untuk orang dewasa ialah 7-9 jam. Sedangkan untuk lansia (lanjut usia) membutuhkan waktu tidur ideal sekitar 7-8 jam. Kendati demikian kebutuhan tidur dapat berubah, tergantung seberapa baik kualitas tidur kamu.

Baca Juga:

Manfaat Tersembunyi Dibalik Nasi Putih Dingin, Cocok Untuk Penderita Diabetes

Seseorang dikatakan tidur terlalu lama jika dia memiliki waktu tidur lebih dari kebutuhan tidur ideal, kerap kesulitan bangun di pagi hari, sering mengantuk saat beraktivitas, atau tetap merasa mengantuk usai tidur siang.

Jika hal itu terjadi terus menerus. Kamu akan merasakan berbagai dampak negatif dari tidur terlalu lama dibawah ini, seperti yang dilansir dari laman alodokter.

1. Sakit Kepala

Salah satu penyebab sakit kepala adalah tidur terlalu lama (Foto: pixabay/lukasbieri)

Jika kamu sering tidur terlalu lama di siang hari hingga sulit tidur di malam hari, akan membuatmu mengalami sakit kepala pada keesokan harinya. Hal ini terjadi lantaran tidur terlalu lama bisa memengaruhi kerja senyawa kimia di otak.

2. Diabetes

Terlalu lama tidur bisa menyebabkan risiko diabetes (Foto: pixabay/tumisu)

Tidur terlalu lama atau terlalu sedikit, berpengaruh pada peningkatan risiko diabetes. Karena penelitian menunjukan jika orang yang kerap tidur terlalu lama ataupun kurang tidur, lebih berisiko mengalami gangguan dalam pengaturan kadar gula darah.


3. Obesitas

Risiko obesitas menghantui orang yang tidur terlalu lama (Foto: pixabay/jarmoluk)

Tidur terlalu lama bisa menyebabkan obesitas. Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang biasa tidur lebih lama atau sekitar 9-10 jam pada malam hari, berisiko lebih tinggi mengalami obesitas ketimbang orang-orang dengan jam tidur yang normal. Hal itu juga bisa terjadi pada kondisi kurang tidur.

4. Penyakit Jantung

Hati-hati tidur terlalu lama dapat mengakibat penyakit jantung (Foto: pixabay/pexels)

Berdasarkan penelitian, perempuan yang memiliki kebiasaan tidur antara pukul 9 hingga 11 jam setiap malam, lebih berisiko terkena penyakit jantung. Dibandingkan perempuan yang biasa tidur selama 8 jam setiap malam.

Karena tidur terlalu lama bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh, itulah yang membuat seseorang yang kerap tidur lama menjadi rentan sakit.


5. Gangguan Mental

Tidur terlalu lama bisa menyebabkan gangguan mental (Foto: pixabay/ryanmcguire)

Tak hanyak yang tahu jika depresi dan gangguan tidur seperti Insomnia, mempunyai hubungan yang erat. Tapi sebaganyak 15% penderita depresi juga mengalami masalah tidur terlalu lama.

Selain itu tidur terlalu lama lebih sering terjadi pada penderita depresi dari usia dewasa muda, atau mereka yang memiliki gangguan bipolar. Selain itu, tidur terlalu lama pun bisa menyebabkan gangguan memori, kecemasan serta mudah lelah.

Baca Juga:

Ingin Lebih Bahagia di Kantor? Lakukan Deretan Langkah Jitu Ini


Melihat dampak negatif tersebut, kamu jangan lantas ketakutan. Karena ada beberapa cara untuk memperbaiki kualitas tidur kamu, hingga terhindar dari bahaya tidur terlalu lama.

Antara lain yaitu, membuat jadwal tidur, olahraga secara rutin, hindari kafein dan alkohol, buat suasana kamar tidur yang nyaman, batasi jam tidur siang, dan tenangkan pikiran. Semoga bermanfaat yah guys. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH