Tidur di Waktu yang Tepat Bisa Membakar Lemak Loh! Yuk kenali manfaat tidur diwaktu yang tepat (Foto: pixabay/free-photos)

BERAT badan yang berlebihan bisa jadi masalah bagi banyak orang. Karena setiap orang pastinya ingin tampil sempurna dengan postur tubuh yang ideal.

Langkah yang digunakan untuk menurunkan berat badan pun beragam. Dari mulai mengikuti pola makan dan menu diet sehat ataupun rajin berolahraga.

Selain itu ternyata ada cara lain yang lebih simpel untuk menurunkan berat badan. yaitu dengan memperhatikan waktu tidur kamu. Karena sebuah studi menunjukan jika penurunan berat badan erat kaitannya dengan jadwal tidur seseorang.

Waktu tidur yang kurang membuat semakin sedikit jumlah lemak yang berkurang dalam tubuh (Foto: Pixabay/Stocksnap)

Dalam hal ini, semakin pendek waktu tidur malam kamu, maka semakin kecil pula jumlah lemak yang berkurang dalam tubuh kamu. Meskipun kamu telah menjalani olahraga ketat dan juga diet.

Menurut penelitian dalan Annals of Internal Medicine, kurang tidur bisa mengurangi bahkan membalikan manfaat dari diet kamu. Dalam penelitian tersebut, peserta diminta tidur dalam kadar waktu yang berbeda.

Hasil penelitian itu menunjukan jika mereka yang tidur cukup dan beristirahat. Akan kehilangan setengah berat badannya dari hasil pembakaran lemak.

Sebaliknya, apabila mereka dikurang waktu tidurnya hingga setengah porsi, jumlah lemak yang hilang pun berkurang setengahnya. Itu artinya mereka yang tidur pada waktu cukup lebih cepat kenyang.

Namun untuk mereka yang kurang tidur justru susah merasa kenyang, dan kekuarangan energi untuk beraktivitas. Secara keseluruhan orang yang kurang tidur mengalami pengurangan hingga 55% dalam soal pembakaran lemak.

Orang yang kurang tidur akan kekuarangan energi dan pembakaran lemak akan berkurang (Foto: pixabay/sweetlouise)

Seperti yang dilansir dari laman webmd, tidur mempunyai fungsi layaknya nutrisi untuk otak kamu. Di mana setiap orang setidaknya membutuhkan waktu 7-9 jam waktu tidur dalam sehari. Apabila kurang dari itu, maka tubuh kamu akan beraksi dengan lebih banyak mencari makanan di waktu terjaga.

Menurut peneliti University of Chicago, kekurangan tidur juga bisa membuat metabolisme tubuh kamu menjadi serba salah. Contohnya, hanya dalam waktu 4 hari ketika kamu kekurangan tidur, kemampuan tubuh kamu dalam memproduksi insulin menjadi serba salah.

Insulin merupakan hormon yang dibutuhkan tubuh untuk mengubah gula, pati serta makanan lain menjadi energi. Itu artinya, jika tubuh kamu tak merespon insulin secara normal dalam kondisi tersebut, kemampuan untuk memproses lemak dari alirah darah menjadi terganggu.

Kenali waktu-waktu terbaik untuk tidur (Foto: pixabay/adinavoicu)

Alhasil gula justru disimpan menjadi lebih banyak lemak. Pada akhirnya berat badan kamu pun akan bertambah.

Lantas kapan waktu tidur yang tepat supaya lemak terbakar? Menurut sebuah penelitian, pada wanita berusia 19-26 tahun di Brigham Young, ditemukan mereka yang tidur berkualitas tinggi bisa dihubungkan dengan berat badan yang lebih rendah.

Lalu mereka yang tidur serta bangun pada waktu yang sama setiap harinya, harus memiliki kadar lemak yang lebih rendah dalam tubuh. Itu artinya aturan pertama untuk memilih waktu tidur yaitu konsistensi dalam menjalankannya. Lalu kamu tidur kamu pun harus berkualitas di malam hari, dengan waktu sekitar 7-9 jam.

Sementara itu, studi menujukan jika seorang perempuan yang tidur antara 8-8,5 jam dalam semalam, memiliki berat badan yang lebih rendah dibanding yang kurang dari itu.

tidur
Tidurlah dalam porsi yang cukup. (Foto: Pexels/Felipe Cardoso)

Efek yang cukup bagus terlihat pada perempuan yang bangun di jam yang sama setiap paginya, selama tujuh hari dalam seminggu.

Jadi lebih baik jika kamu tidur di waktu yang tepat setiap malamnya, serta bangun diwaktu yang tepat juga di pagi harinya. Lakukanlah hal itu secara rutin. Maka berat bada kamu pun akan terkontrol dengan baik.

Pastinya, hal itu juga harus diiring dengan olahraga ruti dan pola makan sehat. Nah itu dia guys sedikit penjelasan mengenai waktu tidur tepat jika kamu ingin membakar kalori lebih banyak. (ryn)

Baca juga: Cara Mudah Tingkatkan Fokus Kerja Usai Libur Panjang Lebaran, Dijamin Ampuh!

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH