Tidak Boleh Mandi Saat Cacar Adalah Mitos Tidak boleh mandi saat cacar itu tidak benar, tidak mandi menimbulkan penyakit kulit. (Foto: Hipwee)

Banyak orang beranggapan bahwa saat sakit cacar tidak boleh terkena air atau mandi. Karena banyak yang meyakini air mengakibatkan cacar tidak kunjung sembuh, namun apakah itu benar faktanya ?

Sebenarnya yang harus jadi perhatian adalah, cacar dan tampak diakibatkan karena virus. Saat proses infeksi sampai kesembuhan yang mempengaruhi adalah kekebalan tubuh, maka dari itu tidak ada kaitannya dengan mandi.

Cacar dan tampak justru akan menambah parah jika Anda tidak mandi. Pada umumnya cacar atau tampak sembuh dalam kurun waktu 5 sampai 10 hari. Jika Anda tidak mandi dalam jangka waktu tersebut, maka kemungkinan Anda akan mendapat penyakit kulit lainnya.

Antisipasi pada tanda-tanda munculnya cacar atau tampak yang biasanya ditandai oleh demam dan juga bintik merah pada tubuh.

Selayaknya orang dewasa, tentu tidak bijak jika Anda mandi dengan kondisi demam. Namun bukan berarti Anda tidak mandi, Anda bisa dengan cara menyeka menggunakan air hangat.

Lalu bagaimana saat terserang cacar atau tampak?

Ada baiknya Anda tetap mandi dengan air panas ataupun dingin, meski suhu tidak mempengaruhi, ketik mandi dengan air hangat akan membuat tubuh Anda lebih rileks dan nyaman.

Demikian fakta yang bisa Merahputih sampaikan untuk Anda, sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan tubuh agar tidak terjangkit penyakit kulit. Karena mandi berfungsi agar membersihkan tubuh dari virus atau bakteri jahat yang menyerang tubuh.

Baca juga berita terkait: Sakit Hati Jadi Pemicu Penyakit Penyebab Kematian Jupe



Kapten

YOU MAY ALSO LIKE